2.500 beasiswa S2 dan S3 untuk Dosen (2,500 Masters and PhD scholarships for lecturers)

27 01 2008

121.gif

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), menawarkan beasiswa bagi 2.500 dosen perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia.

Program beasiswa itu disosialisasikan Dirjen Dikti Depdiknas, Fasli Jalal, melalui teleconference “Coffee Morning with DGHE Perdana 2008.

Acara yang dihadiri para pimpinan perguruan tinggi, dekan, dan dosen yang berminat itu, merupakan kali ketiga yang dilakukan Dirjen Dikti Depdiknas dengan PTN/PTS se-Indonesia, setelah sebelumnya “teleconference” peluncuran Program BERMUTU untuk peningkatan kualitas guru.

Dalam kesempatan kali ini, Dirjen Dikti Depdiknas menawarkan kesempatan belajar ke luar negeri bagi dosen untuk menempuh pendidikan jenjang S2 dan S3, dengan target awal 2.500 beasiswa yang dibagi menjadi dua gelombang.

Untuk gelombang pertama berjumlah 1.500 beasiswa yang diserahkan pada tahun 2008 dan sisanya 1.000 beasiswa akan diberikan pada tahun 2009. Dari 1.500 beasiswa tahun 2008 baru 597 yang terisi, sehingga masih ada lebih dari 900 beasiswa yang belum terisi.

“Silahkan dosen-dosen dari berbagai program studi di perguruan tingggi mengajukan beasiswa ke perguruan tinggi yang dituju,” kata Fasli Jalal dalam “teleconference” itu.

Dia juga menambahkan, dosen pelamar beasiswa harus memperhatikan apakah perguruan tinggi luar negeri yang dituju itu telah terakreditasi atau belum, karena hal itu menjadi tujuan dari program beasiswa Dikti itu.

Dalam “teleconference” yang berlangsung selama dua jam tersebut, Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD juga menyampaikan beberapa pendapat dalam sesi diskusi.

Orang nomor satu di ITS itu mengatakan, Dikti hendaknya juga memberikan porsi untuk bidang ilmu “science”, karena ilmu itu sangat menunjang untuk bidang aplikatif lainnya.

“Kami juga sepakat bahwa pengiriman dosen untuk mengikuti beasiswa luar negeri, dikarenakan adanya kearifan lokal –kebutuhan daerah–,” katanya.

Untuk mengetahui persyaratan dan download formulir perndaftaran, silahkan klik di sini.

(Sumber berita: http://www.antara.co.id, sumber lambang diknas: http://users.cjb.net/retooling4ftugm/diknas1.gif)

Mohon jangan lewatkan kesempatan ini, please, please, please !!!

Untuk memberi komentar atas tulisan ini, silahkan klik di samping Comment di bawah ini.

Actions

Information

30 responses

28 01 2008
Dedeh Afifah

mohon informasi yang lebih aktual tentang beasiswa ini…? apakah ada untuk program beasiswa yang belajarnya di dalam negeri?jika semua dosen di kirm belajar ke luar bagaimana dengan tugas kami di sini?siapa yang akan mengaja anak didik kami?
mohon kebijaksanaannya…karena saya lebih tertarik untuk mengembangkan diri di dalam negri saya….
mohon di konfirmasikan lebih jauh. bagaimana caranya untuk mengajukan diri mendapat beasiswa di dalam negeri.
sebagai informasi saya adalah salah satu dosen swasta di jakarta

Dedeh Afifah.S.Pd

29 11 2009
andi hermawan

saya juga berharap mendapat kesempatan belajar S2 di dalam negeri. karena sebagai guru harus mampu mengembangkan diri dan kompetensi mengingat saya mengajar di SMK dgn status honorer swasta sejak tahun 1999 dan telah lulus sertifikasi guru tahun 2009 mata pelajaran matematika. harapan saya ada kesempatan menembuh magister pendidikan matematika.

28 01 2008
d'meL

masa gw musti jadi dosen dulu….

ada info lain tentang beasiswa selain ads

30 01 2008
Iswadi HR

Doakan saya doakan saya doakan saya….(kartun jepang)
Bung fi…e-mail saya yang @hv.ee.itb.ac.id agak macet jadi kalau ada info atau lain sebagainya mohon di sent ke @gmail.com aja yach …

5 03 2008
Anonymous

Wah ….hebat ya kalau yang sedang studi S3 dalam negeri bagaimana? apakah ada beasiswanya nggak?

(Enjarlis)

22 03 2008
Suker

Dikti jangan setengah2, fasilitasi dong, terutama acceptance letter yg sulit diperoleh, & syarat sejenis lainnya

7 04 2008
Karsono

Mohon informasinya apakah dosen tidak tetap seperti saya ini bisa mendapatkan beasiswa tersebut..? saya sangat ingin studi lanjut S2 tetapi belum dapat beasiswa.

10 04 2008
Ardimen

Program seperti ini sangat bagus untuk pengembangan SDM dosen. Berkenaan dengan ini saya mohon penjelasan Bapak apakah diperuntukkan untuk seluruh PTN dan PTS di Indonesia termasuk juga dosen PTAI dan PTAIN ( misalnya dosen UIN, IAIN, dan STAIN) dan bagaimana prosedur dan persyaratan mendapatkan beasiswa tersebut. Terima kasih atas informasinya.

10 04 2008
kunaifi

Pak Ardimen
Saya mendapat info tersebut beberapa bulan lalu, lalu saya tidak mengikuti lagi perkembangannya. Silahkan buka http://www.ditnaga-dikti.org/ditnaga/opendoc.php?page=1&exp=0&id=81&date=2008-01-26

Tapi yang jelas, beberapa teman saya di UIN sudah mendaftar.

Salam, Kun

11 05 2008
agussalim, S.Kp

assalamu alaikum wr wb.
saya adalah dosen tetap Universitas Muslim Indonesia Makassar, Sulawesi Selatan pada program studi ilmu keperawatan. saat ini saya lagi ada dimanila siap untuk masuk kampus pada St. Paul University untuk mengambil Master of Science in Nursing. sebelum saya berangkat kemanila saya telah mengirim beberapa dokumen saya terasuk TOEFL Prediction Test Result, Affidavit Support Dari Rector, Notification of Acceptance dari kapus Dimanila dll. tetapi saya tidak tahu sampai sekarang dimana bisa diakses nama-nama yang lulus untuk mendapatkan beasiswa DIKTI tersebut. Tolong di Infokan kepada kami dimana bisa diakses tentang nama2 yg lulus tersebut karena sekarang saya baru 2 hari memulai study nursing at St. Paul University.
sekian
terima kasih
wassalamu alikum warahmatullahi wabarakatuh.

11 05 2008
kunaifi

Pak Agus.
Berita mengenai beasiswa di atas saya posting setelah membaca “Antara” sebagaimana yang saya sebutkan sebagai ‘sumber berita.’ Jadi, saya tidak ada kaitan dengan pemberi beasiswa ini. Berita ini saya posting dengan maksud kalau ada teman-teman yang kebetulan mampir di blog saya bisa menemukan info penting tersebut.
Mohon maaf tidak bisa membatu.
Selamat belajar

Kun

28 05 2008
umi mamdudah tilawat

waduh aku bisa gak yah ???????? aku S1 aja belum kelar. rencananya seh kalo ada info beasiswa S1 keluar aku mau dan aku korbankan kuliyahku yang sekarang aku rela tuk jadi yang lebih dan lebih pi……ada gak yah ????? tolong donk kak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! no Hp.ku 085959072479 terimakasih

5 06 2008
Desy

mohon informasi yang lebih aktual tentang beasiswa ini…? apakah ada untuk program beasiswa yang belajarnya di dalam negeri?mohon kebijaksanaannya…karena saya lebih tertarik untuk mengembangkan diri di dalam negri saya….mohon di konfirmasikan lebih jauh. bagaimana caranya untuk mengajukan diri mendapat beasiswa di dalam negeri.
Dan Kebetulan saya sedang mengikuti ujian di ITB
sebagai informasi saya adalah salah satu dosen tidak tetap swasta di Bandung
Mohon konfirmasinya

Desy, ST

9 06 2008
sitta

Assalamualaikum,wr wb
mohon beasiswa juga diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang belum bekerja dan kesulitan dalam hal biaya untuk meneruskan S2, padahal ingin melanjutkan pendidikan dan mempunyai semangat untuk maju dan maju.
Mohon direkomendasikan keinginan saya lulusan Fakultas Hukum UNDIP tahun 2008 PTN di Semarang.
Wassalamualaikum, wr wb

31 10 2008
wawan kurniawan

Assalammualikum Wrh.Wbr
Apakah Persyaratan yang jelas untuk Beasiswa S2 dan S3 Dari Dikmenti atau tempat tersebut Bisa Dikirmi Lebih lengkap.
Terima Kasih
Wassalammualiakum Wrh. Wbr
From Wawan Kurniawan ( UNJ )

16 12 2008
fauzan

ass wr wb,
saya seorang penggiat pemberdayaan masyarakat, yang telah mengabdikan diri selama 8 tahun, sangat ingin melanjutkan ke jenjang s-2, namun kendala biaya menjadi masalah besar, apakah ada fasilitas besiswa bagi saya?? mohon bantuan bapak ibu untuk mencarikan solusinya…
wass wr wb.
fauzan_bmt@yahoo.com

17 12 2008
Kunaifi

Coba cari informasi di Google tentang beasiswa sbb:
- AusAid
- Chevening
- DAAD
- Fullbright
- StuNed
- VLIR
- dll

29 01 2009
eulis aminah siriyyati,M.Pd

saya salah satu dosen di PTS dan masih honor, ingin sekali melanjutkan kuliah di s3 tapi bagaimana caranya ya pak…

29 01 2009
eulis aminah siriyyati,M.Pd

kendala dalam melanjutkan kulish iti adalah biaya, makanya ingin melanjutkan s3 dengan beasiswa…tapi bagaimanakah cara prosedurnya supaya beasiswa dapat dengan mudah didapatkan sehingga tidak menggagngu kegiatan kbm di PTS dan di sekolah…mohon pemberitahuannya

29 01 2009
Kunaifi

Bu Eulis yang baik.

Salut atas keinginan Ibu menuntut ilmu lebih tinggi. Sesungguhnya tidak ada cara mudah dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Teman-teman yang kini kuliah di luar negeri, jika ditanya pengalamannya mendapatkan beasiswa, tentu setelah melalui perjuangan berat dan lama. Memang ada sebagian yang begitu daftar langsung lulus, itu sedikit pengecualian.

Tapi jangan khawatir, prosesnya juga tidak teramat sulit kok, jadi tidak akan mengganggu jadwal ibu dalam mengajar, kecuali mungkin saat test dan wawanca, tentu ibu mesti meluangkan waktu. Tapi memang begitu semestinya, orang bilang sakit-sakit dahulu senang-senang kemudian. Kalau belum sanggup sakit berarti belum siap untuk senang.

Yang perlu ibu lakukan menurut saya:
- kumpulkan info beasiswa dan calon pembimbing S3 sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya.
- Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti TOEFL, rencana penelitian, passport, dll.
- Kirimkan lamaran besiswa sebanyak-banyaknya.
- Hubungi calon pembimbing yang disukai.

Moga sukses

28 02 2009
Nur aeni

20. Nur aeni – Maret 2009
Ass. wr.wb.
Saya seorang guru SMK, ingin melanjutkan kuliah ke S2, apa ada bea siswa S2 untuk guru SMK. saya ingin kuliah S2 tapi yang di dalam negeri saja. mohon infonya. trims
wasalam.

1 03 2009
alisa

saya ingin kuliah S2 konsentrasi linguistik. apakah ada beasiswa yang dapat saya peroleh untuk konsentrasi studi tersebut?

18 03 2009
Salma

saya ingin kuliah S2 konsentrasi linguistik. gemana caranya untuk mendapat beasiwa dengan konsentrasi bidang saya? trims

18 03 2009
Kunaifi

Halo Salma.
Beasiswa ada di mana-mana, tidak peduli apakah untuk linguistik, teknik, ilmu-ilmu sosial, dsb. Apapun bidangnya, cara mendapatkan beasiswa sama, yaitu usaha…usaha…usaha. Cari info sebanyak-banyaknya di Google.

1 05 2009
syahrul akbar,SE

saya seorang guru ekonomi-akuntansi sebuah pesantren di daerah serang, dapatkan saya meminta informasi bagaimana saya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang Strata 2 (S2), terimak kasih banyak.

30 05 2009
novertaeffendist

Klo yang untuk umum g ad ya pak??
soalnya kan saya bukan dosen..
klo ada info beasiswa s2 untuk non-dosen bagi2 infonya ya pak..

17 06 2009
emilanakhosy

Saya seorang guru, apa bisa memanfaatkan/mendapat fasisiltas beasiswa ini

29 08 2009
dinda

mnbkbyghkybbbbbbbbbbbbbbbj

3 09 2009
Ririn

Saya seorang guru pns Matematika dan juga dosen di PTS. Bisakah saya mendapatkan beasiswa ini? Jika bisa, di Perguruan Tinggi mana sajakah yang dapat menerima?

28 07 2010
Ubaidillah

Assalamualaikum wr wb. saya se ide dengan Bapak Karsono, apakah dosen tidak tetap seperti saya ini bisa mendapatkan beasiswa S2? apakah ada beasiswa utk dosen tdk tetap yang program dalam negri? mohon konfirmasinya karena saya sangat mengharapkan beasiswa ini. terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

