Google Kembangkan Energi Terbarukan

5 12 2007

056.jpgLarry Page dan Sergey Brin, pemilik perusahaan mesin pencari raksasa Google mengumumkan bahwa mereka akan membantu mengatasi masalah energi dunia. Lewat proyek bertajuk “Renewable Energy Cheaper than Coal,” Google telah memulai dengan mengumpulkan puluhan insinyur energi terbarukan untuk menyusun langkah kerja yang akan dilakukan.

Google yang punya motto “don’t be evil” ini tidak menyebutkan angka pasti yang akan mereka belanjakan untuk proyek ini, mereka hanya menyebutkan “puluhan Miliar” dollar dalam beberapa tahun ke depan. “Target kami adalah menghasilkan 1 GW listrik dari energi terbarukan yang harga jualnya lebih murah daripada listrik dari batubara,” kata Page. 1 GW adalah kapasitas yang besar, cukup memenuhi kebutuhan listrik seluruh San Francisco.

Google memfokuskan proyeknya pada teknologi pemanas surya, tenaga angin dan panas bumi – teknologi-teknologi yang membantu mengurangi pemanasan global dan meningkatkan standard hidup orang di Negara maju. Secara total, Google berencana menginvestasikan “ratusan juta” dollar untuk proyek serupa.

057.jpg058.jpg

Larry Page mengungkapkan bahwa ambisi tersebut semata-mata didorong keprihatinan perusahaan terhadap kondisi lingkungan hidup. “Kami juga akan mulai menjalankan puluhan pusat data kami dengan listrik yang murah dari energi terbarukan,” katanya.

“Ambisi ini diharapkan memberi inspirasi kapada pengusaha lain untuk beralih dari energi fosil ke energi terbarukan. That’s great,” kata tokoh lingkungan Canada David Suzuki.

Walaupun belum banyak, ada beberpa perusahaan lain yang telah menunjukkan komitmen pada pengembangan energi terbarukan. Wal-Mart Stores Inc. telah mengumumkan rencana mereka mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 20 % dalam 8 tahun ke depan. Sementara itu Hewlett-Packard Co. mengatakan akan membeli 90 % kebutuhan energinya di Irlandia dari energi terbarukan.

Disarikan dari World of Renewable website.


Actions

Information

One response

25 06 2009
lukman hakim

semoga google sukses selalu oia salam kenal dari aku lukman 085224651567

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: