Pilek

13 12 2007

Pilek adalah penyakit umum yang sering dialami orang yang hidup di negeri empat musim. Perth dan kota-kota di Australia Barat dikenal memiliki enam musim. Jadi di kota ini lebih gampang terjangkit pilek. Tanda umum pilek adalah bersin-bersin dan hidung meler. Di Australia dan kebanyakan negara barat lain, kalau tidak hati-hati menangani pilek anda bisa dianggap kurang sopan.

Di Indonesia adalah wajar jika anda bersin di dekat orang lain. Di lingkungan yang lebih menghargai kesehatan, anda dianggap sopan bila bersin sambil menutup mulut. Lain halnya di Australia. Di negeri ini saat bersin tidak cukup jika sekedar menutup mulut. Tapi anda juga mesti berusaha mengurangi suara yang dikeluarkan saat bersin. Makanya jangan heran jika anda mendengar bersin made in Australia adalah bersin yang ‘tercekik’ karena ditahan. Menahan suara bersin dianggap sopan. Sebaliknya, jika anda bersin dengan suara ‘bebas,’ anda dianggap kurang sopan. Apalagi jika bersin tanpa menutup mulut, bisa dianggap lebih tidak sopan.

080.jpgBagaimana kalau hidung meler. Di Indonesia saat musim pilek kita sering mendengar suara orang menarik lendir hidung kembali ke dalam hidung. Bunyi yang ditimbulkan adalah bunyi mengendus. Di Asutralia anda tidak bisa melakukan itu. Mengendus dianggap sebagai sikap tidak sopan jika dilakukan di dekat orang lain, misalnya di dalam kelas saat kuliah. Anda bisa kehilangan simpati dari orang lain jika melakukan yang satu ini.

Jadi bagaimana? Anda mesti punya tissue. Jika lendir itu ingin keluar, ya keluarkan saja. Tutupkan tissue di hidung anda, lalu hembuskan kuat-kuat. Lho, landir yang dihembuskan keluar lewat hidung kan menimbulkan suara khas, bagaimana ini? Di Australia hal itu tidak dianggap tidak sopan sama sekali. Itulah yang dilakukan semua orang. Bahkan hal yang sama dapat anda lakukan di tengah jamuan makan malam. Tidak apa-apa. Sebaliknya, hal semacam ini jangan anda lakukan di Indonesia. Anda bisa dianggap tidak sopan dan menjijikkan.

Lain lubuk lain ikannya..


Actions

Information

3 responses

14 12 2007
Iswadi HR

Lain padang lain belalang…juga kali
He2

28 05 2008
umi mamdudah tilawat

assalamualaikum, salam kenal.namaku umi mamdudah tilawat biasa dipanggil yumem katanya seh biar gaul and the terkenal gthu……! aku masih kuliyah di-STAI Al-hamidiyah jurusan tarbiyah semester 4 sambil kerja juga yah……sambil menyelam minum air ghtu deh. aku sedikit jenuh dengan kerjaanku sekarang apalagi ditempat ku ngajar antara guru saling sikut menyikut dan aku hanya diam dengan nasehat-nasehat menggurui (dalam hati KUESEEEEEL bgt) pi apa boleh buat aku hanya guru kemarin sore.kekesalan dan kegondokanku itu aku coba tuangkan dalam tulisan yah…moga aja bisa seperti kakak, karna mungkin aku masih baru dalam menulis kali yah, aku belum bisa menyelesaikan satu tulisanpun walaupun ada beberapa judul yang aku buat tapi endingnya……??????? aku bibgung. awalnya banyak ide lalu kutuangkan dalam tulisan…………………………….????? gimana yah kak agar endingnya PAS dan MENARIK. mohon bantu aku terimakasih

28 05 2008
kunaifi

Hallo Yumem
Saya juga bukan ahli menulis lho ya. Menuru saya, jenis tulisan menentukan gaya yang dipilih. Tulisan serius (artikel, jurnal, dll) tentu punya gaya beda dengan cerpen, misalnya.
Namun secara umum, ending tulisan biasanya merujuk pada awal tulisan. Misalnya sebuah tulisan diawali dengan kalimat, “Di tempat saya para guru saling menyikut.” Setelah itu diuraikanlah bagaimana sikut-menyikut itu terjadi, apapenyebab dan akibatnya, adapakah ada cara merubahnya, dll? Nah sebagai ending mungkin bisa begini, “Hingga kini para guru masih juga suka saling sikut, sepertinya mereka akan menjadikan kebiasaan ini abadi,” atau “Untunglah kini para guru tidak lagi saling menyikut,” dsb.

Btw, di google bisa dicari metode menulis yang menarik.

Semoga sukses ya.

Kun

Leave a Reply

