LED untuk penerangan (LEDs for lighting)

9 08 2008

Jika anda punya jam digital dinding atau melihat tulisan berjalan pada papan-papan pengumuman, kemungkinan besar lampu yang dipakai adalah LED (Light Emitting Diode). LED adalah lampu berukuran kecil yang memiliki beberapa keunggulan antara lain konsumsi listrik rendah, tersedia dalam berbagai warna, murah dan umur panjang. Keunggulannya ini membuat LED digunakan secara luas sebagai lampu indikator pada peralatan elektronik. Namun LED punya kelemahan, yaitu intensitas cahaya (Lumen) yang dihasilkannya termasuk kecil. Kelemahan ini membatasi LED untuk digunakan sebagai lampu penerangan.

Beberapa jenis LED (Foto: wikimedia)

Namun beberapa tahun belakangan LED mulai dilirik untuk keperluan penerangan, terutama untuk rumah-rumah di kawasan terpencil yang menggunakan listrik dari energi terbarukan (surya, angin, hidropower, dll). Alasannya sederhana, konsumsi listrik LED yang kecil sesuai dengan kemampuan sistem pembangkit energi terbarukan yang juga kecil.

Penggunaan LED untuk pencahayaan (Foto: ledlighting)

Riset-riset mutakhir menunjukkan hasil menggembirakan. Kini LED mampu menghasilkan cahaya besar dengan konsumsi energi listrik (tetap) kecil. Berita terakhir adalah ditemukannya OLED (Organic LED) oleh para ilmuwan di University of Michigan dan Princeton University. Temuan ini sukses menghasilkan cahaya dengan intensitas 70 Lumen setiap 1 watt listrik yang digunakan. Sebagai perbandingan, lampu pijar memancarkan 15 lumen per watt, dan lampu fluoroscent (misalnya lampu jantung) memancarkan 90 lumen per watt. Keunggulan LED dibanding lampu fluoroscent adalah ramah lingkungan, cahaya tajam, umur panjang, dan murah.

Sebelum OLED ditemukan, persolan yang dihadapi para ahli LED adalah rendahnya efisiensi LED. Bukan karena cahaya yang dihasilkan sedikit, tapi karena sekitar 80% cahaya terperangkan di dalam LED. Sebagai solusi, disain OLED menggunakan kombinasi kisi dan cermin berukuran mikro, bekerja bersama-sama memandu cahaya yang terperangkap di dalam LED keluar.

Prinsip kerja OLED (Foto: howstuffworks)

Stephen Forrest, profesor teknik elektro dan fisika di University of Michigan, penemu OLED mengatakan bahwa kini kita bisa bersiap untuk mengganti pencahayaan di dalam bangunan dan rumah yang saat ini menggunakan lampu pijar ataupun fluoroscent dengan OLED. Semoga..


Actions

Information

16 responses

12 08 2008
Iswadi HR

Benar bung…untuk lumens yang sama LED mengkonsumsi daya yang lebih rendah dibanding jenis lampu lainnya. Beberapa waktu lalu konsultas perencana auditorium unri juga mengusulkan penggunaan lampu ini untuk penerangan auditorium nantinya. Namun biaya lumaya kan???

19 09 2008
Mirza

Thanks ya mas khunaifi, nilai mapel bengkel elektroku dapet nilai bagus berkat artikel dr mas.
sekali lagi makasih…..

19 09 2008
Kunaifi

Selamat ya, Mirza.

6 10 2008
Anto

moga artikel2 Pak Kunaifi ini banyak dibaca mahasiswa Pak Kunaifi yang lain karna sgt penting untuk menambah pengetahuan baik dalm perkuliahan mereka maupun dalam kehidupan sehari-hari

7 10 2008
Kunaifi

Sukur Alhamdulillah jika ada yang mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

28 06 2009
Nanang

Salam kenal. saya nanang. senang sekali dengan informasi dr pak kunaifi ini.
saat ini saya telah mengaplikasikan sendiri lampu LED untuk kebutuhan penerangan, baik skala rumah maupun untuk kebutuhan pabrik. harga memang sedikit mahal, namun dengan semua manfaat yang diberikan lampu LED dalam jangka panjang malah jauh lebih hemat dibandingkan lampu konvensional. temen2 yang memerlukan sample atau malah ingin mengaplikasikan dapat menghubungi saya lebih lanjut.

Terimakasih

26 12 2009
Wagi

Buat mas Nanang, dimana ya mendapatkan toko penjual OLED di Jakarta, Trima kasih sebelumnya

12 11 2010
prasetyalynn

info yang sangat menarik…:)

7 01 2011
Leo

Dari SMP saya suka elektro, tapi yg saya bisa sekedar proyek2 kecil untuk kesenangan saja, mksh..

20 03 2011
odoy84

klo pnya skema lngkat led utk penerangan,kirimi dng.thk

5 04 2011
ucha

thankss atas infonya…….cuman aku mau nanya klw lampu led ukuran 3, 5 8 dan 10 besar intensitas cahayanya berapa ???……..

20 04 2011
Apri rahmadi

Mau tanya….
Kalu untuk LED, biar intensitas cahaya yg dihasilkan setara dengan lampu bohlam 35 watt, brpa buah LEDnya? Trus yg ukuran brpa?

20 04 2011
Kunaifi

Cari dulu informasi berapa lumen/candela lampu 35 watt-nya dan LED nya. Lalu tinggal dibagi aja.

7 01 2014
Absorbent cotton

biar pun ukurannya kecil, tapi emang cantik banget nih lampu

19 05 2015
Anonymous

ada jual lampu indikator led 1 warna kedip kedip warna biru atau ungu sepert gambar lmau pertama dari kanan gambar paling atas..
saya berminat gan

19 05 2015
Darma

ada jual lampu indikator led 1 warna kedip kedip warna biru atau ungu sepert gambar lmau pertama dari kanan gambar paling atas..
saya berminat gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: