Orang Asing Dapat Uang di Australia (Australian Gov’t Gives Money to Stangers)

27 10 2008

Kisah ini menambah daftar program pro-rakyat yang dilakukan pemerintah Australia. Yang dimaksud dengan ‘rakyat’ di sini bukan hanya warga negara Australia, tapi juga warga negara asing di Australia. Begini ceritanya.

Anak saya yang berumur 3.5 tahun saya masukkan ke Child Care Centre (semacam play group). Biayanya mahal sekali. Saya harus membayar $25 per hari. Dengan kurs $1=Rp.7000, saya mestinya membayar sekitar Rp.175.000 sehari, alias Rp. 3.500.000 sebulan. Jumlah uang yang besar sekali.

Tapi pemerintah Australia memberikan subsidi. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung. Lewat lembaga pemerintah bernama Centrelink, saya mendapat subsidi sekitar 85%. Walhasil, saya hanya membayar sekitar Rp.525.000 sebulan.

Tidak cukup sampai di situ, beberapa hari lalu saya mendapat surat dari Centrelink, mengatakan bahwa sebagian uang yang sudah saya bayarkan akan dikembalikan kepada saya. Begitu lihat saldo di bank, ternyata di rekening saya ada transfer dari Centrelink sebesar $50. Tiga hari kemudian, saya mendapat surat lagi. Isinya pemberitahuan bahwa semestinya saya mendapat pengembalian biaya sekolah 50%. Begitu cek saldo, mereka sudah mengirim $225 ke rekening saya.

Padahal, saya tidak pernah mendaftar, apalagi menyertakan izin RT, RW, Lurah, Camat, Bupati, dll.

Padahal, anak saya cuma sekolah playgroup, bukan sekolah wajib.

Padahal, saya ini cuma pendatang di Australia, bukan permanen resident apalagi warga negara.

Ada politikus yang mau mencoba program ini di Indonesia untuk warga negara Indonesia?


Actions

Information

6 responses

31 10 2008
David Pangaribuan

Menjadi pertannyaan kenapa Negara kita ndak bisa ya Pak, Bagaimana aturan dan system yang dibangun disana serta dapat dijalankan dengan baik. Menurut saya faktor manusianya sangat dominan. Salut atas informasinya Pak
Salam kenal

David P

1 11 2008
Iswadi HR

#bung kun
Mungkin disana tak ada RT, RW, Lurah dan Camat seperti di Indonesia. padahal Itu kan sistem kepemimpinan peninggalan zaman londo. Yang tentunya sudah tidak up 2 date lagi.

5 11 2008
Rizal

wah enak ,
anaknya bpak masih playgroup udah bisa ngehasilin duit sendiri
haha

7 11 2008
Hendri

ia nih, enak juga jadi WNA di Australia.

13 03 2012
Lina

Pak, boleh tau tidak dulu sekolahnya dimana? Minta info dong. Thank you

16 03 2012
kunaifi

Murdoch Uni.

Leave a Reply

