Saat Bulan Terbelah (When the Moon Split)

23 11 2008

Judul posting ini – Ketika Bulan Terbelah (When the Moon Split) – diambil dari judul sebuah buku karangan Safiur-Rahman Mubarakpuri, sarjana Islam kelahiran India yang menjadi dosen di Universitas Madinah al Munawarrah. Di dalam buku yang berisi biografi Rasulullah Muhammad SAW ini, Syaikh Mubakpuri (alm.) menuliskan kisah-kisah menarik sepanjang hidup Rasulullah.

166Sampul buku When the Moon Split

Salah satu kisah yang dimuat di halaman 112-113 diberi heading “The moon splits in half.” Diceritakan menjelang Hijrah, Rasulullah ditantang kalangan kafir Quraisy untuk menunjukkan bukti kenabiannya. Mereka mengatakan bahwa selema ini Muhammad tidak mampu menunjukkan bukti kenabiannya, walaupun cuma bukti kecil. Bukti yang diminta kaum kafir Quraisy tidak tanggung-tanggung, yaitu meminta Rasulullah membelah bulan. Rasulullah hanya bisa berdoa menjawab permintaan tersebut. Dan Allah mengabulkan doa kekasihnya itu. Sebagai mana diminta kau kafir Quraisy, bulan pun terbelah menjadi dua, cukup jauh sehingga puncak bukit Hira berada diantara kedua bagian bulan yang terbelah tersebut. Rasulullah berkata, “Kamu semua telah menjadi saksi.”

Bukti nyata tersebut, walaupun membuat mereka tercengang, namun tidak membuat para penantang Rasulullah mengakui bukti kenabian Rasulullah. Mereka malah menuduh bahwa Rasulullah telah menggunakan sihir terhadap mereka.Namun, sebagian di antara mereka berjalan menuju pintu masuk kota Makkah. Saat menemui kafilah yang memasuki kota, mereka bertanya, “apakah kalian menyaksikan sesuatu yang aneh?” Para kafilah menjawab, “Ya kami menyaksikan bulan yang terbelah dua.”

Peristiwa bulan terbelah juga terdapat di dalam Al Qur’an. “Sungguh telah dekat hari kiamat, dan bulan pun telah terbelah.” (Q.S. Al-Qamar: 1. Baru-baru ini NASA mempublikasi foto-foto sebagaimana dilihat di bawah ini.

167

Foto: NASA

168Foto: NASA

Sebagian kalangan menghubungkan foto ini dengan kisah dan ayat Al Qur’an di atas sebagai bukti bahwa bulan memang pernah terbalah.

Namun Thomas Djamaluddin dari Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN). menyanggah dengan mengatakan bahwa garis yang terdapat pada foto-foto tersebut adalah kanal-kanal di bulan. Dia juga mengatakan bahwa di bulan terdapat banyak kanal-kanal seperti itu, ada yang lurus, dan ada yang berbelok, dengan panjang ratusan meter, lebar beberapa kilometer dan kedalaman beberapa ratus meter.

Djamaluddin menegaskan bahwa mu’jizat tidak memerlukan pembuktian, karena peristiwa mu’jizat tidak terjangkau oleh ilmu pengetahuan.


Actions

Information

27 responses

24 11 2008
Iswadi HR

Saya juga punya buku karangan beliau yang lain…Sirah Nabawiyah..yah hampir mirip dengan buku ini juga.

24 11 2008
Hendri

Maha benar ALLAH dengan segala firmannya…

10 05 2009
[SHARE]tanda-tanda kebesaran ALLAH SWT.. - Page 8 - Gamexeon Forum

[…] dengan panjang ratusan meter, lebar beberapa kilometer dan kedalaman beberapa ratus meter. sumber: Saat Bulan Terbelah (When the Moon Split) Thomas Djamaluddin @ ISNET 2007 […]

14 07 2009
Gaguk

KeherananQ Gak bisa diungkapkan… :-O

30 07 2009
ardi aryandi

olloh….huuakbar……………………………………………………………………..olloh mahaa besar. iya menguasai alam semesta muhamat ya rasulullah.

2 09 2009
Den Baguse

ardi aryandi…………….ga becus ngucapin ga usah ngomong!

11 02 2012
Arief Firmansyah Iriandi

Allah SWT memberi petunjuk siapa yang dikehdaki-Nya, mungkin anda Ardi Aryandi selanjutnya yang akan diberi petunjuk. Soalnya belum tahu agama Islam yang sebenarnya, jikalau engkau tahu pastinya anda akan menyesal dengan komen anda diatas. Jikalau anda non-muslim, saya khususnya dan temen-2 yang komen pada umumnya berdo’a supaya anda diberi petunjuk oleh Tuhan Semesta Alam. Amin.

10 09 2009
Hendri

Mu’jijat adalah kekuasaan yang diberikan khusus yang diberikan Allah kepada Nabi. Jadi hanya mereka yang meng Imani Nya yang percaya itu.

13 09 2009
putra

yang punya bukunye beli dimana??? trus brapa harganye?? klo download gratis dimana?? (send to putra190344@yahoo.com)

19 10 2009
Caraka

LEBAYYYYYYY

19 10 2009
Caraka

BENERR TUH PAK THOMAS DARI LAPAN…JANGAN PADA LEBAY DEH…

30 06 2011
Anonymous

kalau itu memang bukan bukti bulan pernah terbelah, seharusnya si thomas menjelaskan keterangan lainnya jangan asal sangkal. anak SD pun juga bisa asal nyangkal.

29 11 2009
Hanny

Keyakinan memang hanya dimiliki oleh orang yang mengimanix..kalau mujizat bisa dibuktikan secara ilmiah kenpa harus disangkal,bukankah.. ilmu Allah Swt hanya bisa dimengerti oleh orang2 yg berakal,karena,secara fitrah akal memang untuk menemukan bukti kebenaran firman Allah dalam Al-qur’an…menurut q ni adalah bukti yang tak terbantahkan… Allahu akbar…
¤”Ketauhilah bahwa Allah yang menghidupkam bumi setelah matinya(kering).Sungguh,telah kami jelaskan kepadamu tanda-tanda (kebesaran kami)agar kamu mengerti”.(Qs;Al-Hadid :ayat17)¤

29 12 2009
iqbal

ALLAH HU AKBAR

12 05 2010
luthfi

menurutku tuh walaupun tanpa bukti ilmiah, yang namanya mu’jizat sebagai orang yang beriman wajib mengimaninya, kalau akhirnya terbukti sec. ilmiah itu bonus untuk keimanan kita krna Allahlah yang maha mengetahui segala sesuatu dan mempu malakukan apapun ..Firman Allah selalu benar

17 05 2010
18 06 2010
H4mb4 Allah

ALLAH MAHA BESAR DAN DIA MAHA BERKUASA………..

25 07 2010
Nurul Azmi

Sungguh…kuasa Allah tak akan bisa tertandingi Oleh siapaun.
Saya bangga menjadi Muslim

19 08 2010
Muhammad Edi Sutanto

Subhanallah.. nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang engkau dustakan..
nice share gan.. (^_^)..

21 09 2010
marewa tona marewa

Hanya orang-orang yang berimanlah yang mempercayai mu’jizad Rasulullah SAW. Dan yang selalu ingkar dan tak mengakui itulah orang-orang kafir yang tidak diketuk pintu hatinya untuk beriman kepada Allah….

18 01 2011
fatechanger

Allohuakbar…..

16 08 2011
Eka Novita Sari

Subhanalloh😉

18 01 2012
indowifi

Kebenaran Mukjizat memang tidak dapat dibuktikan oleh Sains, karena keterbatasan akal manusia juga, Mukjizat terbesar pada Rasulullah adalah Al-Qur’ain, karena dari segi kemurniannya selama 1400 tahun lebih Al-Qur-an tidak perbah ternoda atau tercampuri oleh tangan2 manusia, dan banyak tafsir Al-Quran yg menjelaskan fenomena2 Alam yg sangat sejalan dgn Saind Modern, seperti Bumi itu bulat, Bumi berotasi, Matahari juga berotasi, adanya hijab antara air tawar dan air asin, proses embriologi, dan banyaknya fenomena matematika yg unik dalam kandungan Al-Quran, juga tata bahasa Al-Quran yg tidak bisa ditiru oleh Pujangga kelas kakap sekalipun mulai dari zaman Nabi hingga jamannya Obama ini. Dan banyak lagi fenomena ilmiah yg belum banyak dibuktikan oleh Sains modern ttg Kitabullah ini.

19 01 2012
Alfarez

Membelah bulan adalah mukjizat Rasulullah saw yg di sahkan Allah swt dgn firmannya..selama ini firman Allah selalu bs d buktikan dgn sains..sbg contoh firman Allah swt tentang sungai d bwh laut..ilmuwan barat sendiri yg mmbuktikannya ! Enyahkanlah pola fikir mu yg atheis itu..

19 03 2012
rizwan

Allahuakbar 3x.
Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahuAkbar.
Mahabenar Allah dengan segala firmannya.

23 01 2014
Fahmi M. Rauf

Bahwa betul atas kejadian ini…

Maha besar Allah yg telah memperlihatkan sebagian kecil dari kebesaranNya kepada manusia pada waktu itu agar mereka bertaqwa.

Begitu jg sekarang, masih banyak dari golongan
mereka yg belum percaya, bahkan mengira kalau ini hanyalah sihir atau bahkan dongeng semata, bahkan mengolok2nya.
Sungguh tdk ada hidayah bagi mereka yg kafir hingga yaumul akhir.

Salam ‘ngalaika…..

22 08 2014
Perlu Untuk Diketahui «Kontrofersi menyambut Zaman Kalasuba Kontrofersi menyambut Zaman Kalasuba

[…] semakin maju / canggih baik fisik maupun non fisik. Apabila dahulu sekitar 1400-an tahun yang lalu Nabi Muhammad SAW mampu membelah bulan dan sampai detik ini bekas belahannya masih dapat dilihat (pe…, maka tidak heran bila nanti Satrio Piningit mampu membelah pulau seperti ungkapan Prabu Joyoboyo […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: