Pusat Studi Energi UIN Suska Berdiri (Energy Research Centre UIN Suska is Established)

26 10 2011

Company Profile EnReach dapat di-download dari gambar di samping. Website EnReach www.enreach.or.id

Bertepatan dengan Engineers’ Day (Hari Insinyur Dunia), pada tanggal 15 September 2011 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau membuat cacatan baru dengan mendirikan sebuah Pusat Studi Energi yang diberi nama Energy Research Centre (EnReach).

EnReach didirikan dengan beberapa latar belakang, yaitu:

  • Energi memainkan peran penting bagi masyarakat modern untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Oleh sebab itu, berbagai bentuk kesulitan akan dialami manusia jika akses pada energi dibatasi.
  • Akses pada energi belum dinikmati secara merata dan adil oleh seluruh penduduk. International Energy Agency (2011) mencatat lebih 1,3 miliar orang, umumnya di negara berkembang, tidak memiliki akses pada listrik dan sekitar 2,7 miliar tanpa fasilitas memasak yang bersih. Di Indonesia, lebih 70 juta penduduk belum mendapatkan akses pada listrik, di mana lebih 80% berada di kawasan terpencil, dan 50% berada di luar Jawa dan Bali.
  • Selain itu, pola produksi dan konsumsi energi yang berlaku selama ini tidak hanya memberikan manfaatkan besar bagi manusia dan pembangunan, namun juga telah menimbulkan berbagai dampak sosial dan lingkungan hidup yang besar seperti perubahan budaya dan penurunan daya dukung lingkungan hidup.
  • Di sisi lain, Indonesia memiliki berbagai sumber energi yang tersedia dalam kapasitas besar, namun belum dimanfaatkan secara optimal.
  • FST UIN Suska Riau meyakini bahwa strategi pengembangan sektor energi masa depan harus menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainable energy), yang menempatkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup secara seimbang. Upaya tersebut memerlukan keterlibatan dunia akademik, bisnis, dan pemerintah secara optimal.

Melalui Surat Keputusan Dekan FST UIN Suska, EnReach didirikan sebagai lembaga riset otonon ketiga di UIN Suska Riau dan pertama di FST. Sebelumnya telah berdiri lembaga riset otonom bidang studi Islam Asia Tenggara pada tingkat universitas dan lembaga riset otonom bidang agrikultur di Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Visi EnReach adalah menjadi lembaga studi energi terdepan di Propinsi Riau yang menawarkan solusi berkelas global untuk mengatasi persoalan energi lokal (global solution for local energy problems).

Sedangkan misi yang diemban EnReach adalah:

  1. Melaksanakan studi dan penelitian energi multidisiplin untuk membantu mengatasi persoalan suplai energi di Propinsi Riau dan Indonesia, dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
  2. Melaksanakan kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses pada energi yang handal, harga terjangkau, dan mendorong kegiatan produktif.
  3. Melakukan kegiatan penyebaran (diseminasi) dan promosi energi berkelanjutan.
  4. Melaksanakan tata kelola lembaga yang akuntabel, transparan, dan berorientasi pada peningkatan kualitas.

Lambang dan motto EnReach adalah seperti gambar berikut:

Sedangkan moto EnReach adalah EnLightening People” yang berarti “memberi cahaya atau pencerahan kepada masyarakat.”

Struktur Organisasi EnReach terdiri dari:

  1. Dewan Pengurus (Board), selanjutnya disebut Dewan.
  2. Eksekutif (Executive)
  3. Peneliti (Researcher)

Mengingat energi adalah bidang yang multidisiplin, anggota dewan (board) tetap yang terdiri dari:

  1. Dekan FST UIN Suska Riau (ex-officio, Board Member) – Dekan FST dengan bidang: Arsitektur.
  2. Kunaifi (pendiri, Chief of Board) – Dosen di Jurusan Teknik Elektro dengan bidang: energi terbarukan, efisiensi energi, pembangunan berkelanjutan.
  3. Novriyanto (pendiri, Board Member) – Dosen di Jurusan Teknik Informatika dengan bidang: Green ICT, IT project management, IT strategy and assessments.
  4. Petir Papilo (pendiri, Board Member) – Dosen di Jurusan Teknik Industri dengan bidang: kebijakan energi dan quality control.
  5. Zulfatri Aini (pendiri, Board Member) – Dosen di Jurusan Teknik Elektro dengan bidang: efisiensi energi, sistem tenaga listrik, perencanaan dan analisa sistem tenaga listrik.
  6. Liliana (pendiri, Board Member) – Dosen di Jurusan Teknik Elektro dengn bidang: energi terbarukan, sistem tenaga listrik, dan proteksi sistem tenaga listrik.
  7. Nesdi Evrilyan Rozanda (pendiri, Board Member) – Dosen di Jurusan Sistem Informasi dengan bidang: green ICT dan IT project management.

EnReach saat ini fokus pada empat bidang kajian yang dapat dilaksanakan dalam bentuk riset, proyek, program, dan intervensi, yaitu:

  1. Energi terbarukan
  2. Efisiensi energi
  3. Green ICT
  4. Kebijakan energi.

Walaupun hingga saat tulisan ini dibuat EnReach baru berusia 6 minggu, EnReach telah melakukan berbagai kegiatan antara lain:

  1. Ikut membahas Ranperda Ketenagalistrikan Propinsi Riau
  2. Menyusun konsep implementasi proyek solar home system yang berkelanjutan di Distamben Propinsi Riau.
  3. MoU riset dan proyek dengan Hochscule Amberg-Weiden German dalam bidang energy terbarukan, efisiensi energi, dan pengelolaan hutan berkelanjutan.
  4. Studi persiapan proyek pembangkit listrik tersambung jaringan di atap kantor Pemprov Riau.
  5. Menjadi tuan rumah riset bio-energi mahasiswa S2 dari Hochscule Amberg-Weiden German.
  6. Studi potensi energi biomassa di 2Kabupaten di Propinsi Riau.
  7. Audit energi pada sektor bangunan kantor, bekerjasama dengan Direktorat Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM dan PT. Energy Management Indonesia.

Selain melakukan kegiatan secara mandiri, EnReach membuka diri atas kerjasama riset, proyek, program, dan intervensi teknologi dan kebijakan energi terbarukan, efisiensi energi dan green ICT. Saat ini EnReach dalam tahap pembicaraan akhir kerjasama riset energi terbarukan dan capcaity building clean energy dengan sebuah perusahaan di Jakarta dan sebuah NGO di Paris.

Kunjungi EnReach di www.enreach.or.id dan melalui email info@enreach.or.id

Company Profile EnReach dapat diunduk dari gambar berikut.


Actions

Information

15 responses

15 11 2011
Lonnie Mcfarren

Thanks for another informative website. Where else may I get that kind of info written in such an ideal method? I’ve a project that I’m just now operating on, and I have been on the glance out for such information.

15 01 2012
ghani arasyid

keren banget nih, Go Green🙂

29 02 2012
Ayu Mustika

nice info pak..salam kenal dan sukses yah..kunjungan perdana nih

http://www.batu-mustika.indonetwork.co.id/benda-bertuah.htm

17 03 2012
ENERGI HAQ

Energi Haq,suatu potensi diri yang masih tersimpan dan tersembunyi dalam tubuh jasmani dan tubuh ruhani. Hanya seorang Ahli Hakikatul Insan yang dapat membuka Rahasia KeTuhanan tersebut sampai seseorang dapat mengaplikasikan dalam kehidupan dan memperoleh manfaat yang tak berhingga. Lihat info selengkapnya di blog..

29 07 2013
Fendi haris

terimakasih infonya gan,, ditunggu update dan aktifnya lagi gan,,

24 12 2013
Yandrie Rachman

Selamat,,, semoga bermanfaat,,, terima kasih informasinya

5 02 2014
Sofia Putri

Selamat Yaaa,,, Semoga bermanfaat buat semua, syukron buat infonya. kereeennn

23 04 2014
Kipas Industri

congrats

14 05 2014
Bisnis Indonesia

bermanfaat sekali

15 05 2014
investasi

so bagus sekali ..

29 05 2014
lowongan kerja

bangun juga ketahanan energi kita

7 06 2014
bisnis properti

Indonesia lumbung energi, hanyalah slogan tapi kenyataannya siapakah yang mengelola energi kita dan diselewengkan ke mana ?

3 08 2014
kontraktor palembang

info bagus ..

4 08 2014
kontraktor palembang

selamat idul fitri

21 01 2015
aktivis EBT

mantap nih. goo green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: