Menghitung MCB untuk Bank Kapasitor

30 10 2015

MENGHITUNG MCB UNTUK CAPACITOR BANK

Maaf, kali ini agak teknis. Khusus buat kawan-kawan yang punya latar belakang listrik atau yang tertarik. Jadi saya usahakan bahasa teknis ini se-sosial mungkin.

Dalam dunia kelistrikan ada sebuah komponen yang bernama kapasitor. Kapsitor dapat menyimpan energi dalam bentuk medan listrik. Kapasitor yang besar atau gabungan banyak kapasitor disebut bank kapasitor. Kegunaan umum bank kapasitor dalam kelistrikan adalah:

  1. Menaikkan nilai Faktor Daya
  2. Kompensasi daya reaktif.

Listrik yang kita gunakan dinyatakan dalam daya nyata atau daya aktif. Satuannya adalah kilowatt (kW). Daya inilah yang mesti dihasilkan oleh pembangkit listrik dan kebanyakan sistem kontrol pada sistem tenaga listrik dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Namun ada juga jenis daya lain yang sering muncul dalam sistem kelistrikan, yaitu daya reaktif. Daya reaktif ini dinyatakan dalam satuan kilo VAR (kVAR). Daya reaktif ini muncul begitu saja dari peralatan listrik yang di dalamnya terdapat kumparan listrik (kawat yang digulung sedemikian rupa), misalnya:

– motor listrik (contoh: pompa air di rumah kita),

– Transformer listrik,

– Induktansi jaringan transmisi dan distribusi,

– Lampu neon, dll.

Daya reaktif ini sifatnya merugikan, karena rasio antara daya yang SEBENARNYA kita pakai dibandingkan dengan TOTAL DAYA yang kita bayar, akan menjadi lebih kecil. Total Daya adalah penjumlahan vektor antara daya aktif dan reaktif. Semakin besar total daya (karena daya reaktif besar), maka semakin banyak kita membayar listrik yang tidak kita pakai. Rasio tersebut disebut dengan faktor daya (power factor). Faktor daya paling tinggi adalah 1 atau 100%. Semakin dekat dengan 1, semakin kecil daya reaktif.

Untuk mengurangi daya reaktif, perlu dilakukan kompensasi daya reaktif.

Ada dua peralatan yang umumnya digunakan untuk mengkompensasi daya reaktif, yaitu kondensor sikron dan kapasitor statis atau bank kapasitor.

Pada saat dioperasikan bank kapasitor harus diberi perlindungan untuk mengamankan peralatan dan manusia, misalkan menggunakan miniature circuit breaker (MCB)

Gambar di bawah ini menjelaskan rumus untuk menentukan kapasitas MCB yang digunakan pada bank kapasitor, bersumber dari http://elecengworld.blogspot.com/2015/10/how-to-calculate-main-circuit-breaker.html

main circuit breaker of capacitor bank


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: