INDONESIA KINI ANGGOTA IEA dan OPEC. BAGAIMANA IRENA?

31 03 2016

Sejak pertengahan November 2015, Indonesia sudah bergabung dengan International Energy Agency (IEA), www.iea.org. Organisasi energi internasional ini sesungguhnya beranggotakan negara-negara maju, namun Indonesia bergabung sebagai anggota mitra (associated member).

IEA mungkin merupakan organisasi energi paling bersar di dunia. Walaupun IEA sering dianggap lebih fokus pada energi fosil (minyak, batu bara dan gas bumi), pemerintah menyebutkan juga akan memanfaatkan status keanggotaanya untuk mengembangkan energi terbarukan.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah bergabung (lagi) dengan OPEC, setelah 7 tahun keanggotaan Indonesia digantung (suspended) oleh karter minyak terbesar di dunia itu karena telah menjadi negara yang lebih banyak impor daripada ekspor minyak bumi. Masuknya Indonesia kembali ke OPEC berjalan mulus karena Indonesia adalah salah satu pendiri OPEC, walaupun jumlah produksi minyak Indonesia tidak banyak berubah. Keikutsertaan Indonesia di OPEC yang berkantor di Wina (sebelumnya di Arab Saudi) diharapkan berguna untuk menjamin suplai minyak dalam negeri.

Satu organisasi energi dunia lain adalah IRENA (international renewable energi agency). IRENA fokus mengembangkan energi terbarukan dan berkantor pusat di Abu Dhabi. Dengan IEA dan OPEC Indonesia dapat berberan lebih besar dalam jaringan energi fossil. Dengan kebijakan energi nasional 2014 yang memberi porsi signifikan pada EBTKE, Indonesia rasanya juga perlu berabung dengan IRENA. Suplai emergi kini tidak bisa lagi jika hanya mengandalkan kemampuan domestik. Peran serta dalam organisasi Internasional dapat bermanfaat besar jika dimainkan secara baik.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: