NAIKKAN HARGA KANTONG PLASTIK MENJADI RP. 5 RIBU

31 03 2016

Tetiba saya terbangun tengah malam, lebayy…Terusik karena begitu hebohnya penentangan pada tindakan ritel yang memungut Rp. 200 (termasuk pajak) untuk kantong plastik. Di beberapa kota, Pemko nya didesak oleh DPRD nya untuk memanggil ritel yang dianggap nakal ini dan diberi warning. Di negeri ini semut berpapasan pun bisa jadi jualan politik.

Mengapa ditentang? Bukankah kebijakan itu baik untuk mengurangi penggunaan kantong plastik? Buktinya kita merasa berat jika harus membayar kan? Bukankan sejak masih imut-imut di bangku SD kita sudah sepakat bahwa plastik tidak terurai oleh tanah sehingga sangat buruk dampaknya untuk lingkungan kita? Penentangan menurut saya adalah supaya kita tetap bisa menggunakan kantong plastik secara bebas dan gratis.

Saya kok sepakat dengan sebagian tindakan ritel itu. Saya percaya bahwa hal itu bukan hanya ‘modus’ untuk meningkatkan keuntungan. Jika itu motifnya, mereka tinggal sisipkan saja harga kantong plastik Rp. 200 ke harga salah satu barang yang kita beli. Misalnya harga sabun Rp. 2000, mereka tambah menadi Rp. 2200, tanpa kita sadari di dalamnya sudah masuk harga kantong plastik. Saya sepakat karena mereka sengaja menuliskan harga kantong plastik supaya kita tahu benda itu tak gratis lagi, supaya kita merasa berat membayarnya, supaya kita tidak minta kantong plastik lagi walaupun hanya membeli sebutir sabun mandi. Bagi saya, ritel, sengaja atau tidak, sedang melangkah maju untuk berkontribusi pada lingkungan hidup.

225
Sumber gambar: http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/740019-seberapa-efektifkah-kebijakan-kantong-plastik-berbayar.

Jadi, daripada sibuk menentang penetapan harga kantong plastik, bagaimana jika kita bawa kantong sendiri saat belanja dan mulai mengurangi koleksi kantong plastik sampai berkotak-kotak di dapur. Saya sendiri tidak sudi membeli kantong plastik.

Lingkungan ini kita gunakan bersama maka setiap kita punya kewajiban untuk menjaganya. Banyak cara kita menyadari hal ini. Mungkin penetapan harga kantong plastik adalah salah satu caranya.

Tetapi saya tidak setuju jika harga kantong plastik Rp. 200. Saya setuju jika harganya dinaikkan menjadi Rp. 5.000. Supaya pembeli semakin protes dan kemudian semakin ogah membawa kantong plastik ke rumah.

Bye bye kantong plastik.


Actions

Information

Leave a Reply

