Arab Saudi Kapok Bergantung pada Minyak, Riau Apa Kabar?

12 06 2016

Late is better than never. Dari pada tidak, terlambat tak apa lah.

Revolusi kebijakan energi di Arab Saudi dilakukan karena terpaksa, gegara profit dari jualan minyak turun drastis menyusul bisnis minyak global rontok satu per satu.

Riau bagaimana? Provinsi yang sebenarnya sudah lama miskin minyak ini masih sering merasa superior sebagai negeri kaya minyak. Perasaan hebat, memang selalu membuat orang berhenti melangkah maju.

Banyak orang lain, saya juga, sudah puas berteriak di media, supaya Riau berhenti merasa sebagai negeri minyak. Cukup lah jadi sejarah tapi bukan untuk masa depan. Jika tidak, sangat mungkin nanti Riau ‘terpaksa,’ seperti Saudi, melakukan revolusi energi, tapi saat segalanya sudah terlambat. Revolusi hanya dua ujungnya; hancur lebur, atau sedikit sukses. Riau pun hanya ‘butiran debu’ dibanding Saudi dalam hal minyak.

Saudioil
Salah satu tambang minyak Saudi, Foto: The Guardian.

Inilah yang bertahun-tahun disuarakan di UIN Suska Riau, melakukan riset dan mempersiapkan generasi muda Riau untuk menekuni suplai energi berkelanjutan di Riau dan Indonesia, di mana bahan bakar fosil dikurangi perannya, sedangkan energi terbarukan dan efisiensi energi ditambah porsinya. UIN Suska adalah universitas pertama di Indonesia yang memiliki konsentrasi Energi S1, yang fokus pada energi berkelanjutan. Beberapa tahun belakangan universitas negeri dan swasta di Jawa dan pulau lain membuka program yang sama.

Kalau Riau mau menyesal, menyesallah sekarang. Sesal kemudian tiada gunanya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: