Baru 1% Energi Terbarukan Indonesia Digunakan

12 06 2016

Kementerian ESDM: “Baru 1% dari 801,2 GW potensi ET Indonesia yang dimanfaatkan” (detik.com)

Indonesia-Energy-Map
Peta Energi Panas Bumi Indonesia (Sumber: BaliSOS)

Cukup kentara tidak kompak di pusat. Dirjen EBTKE, mungkin karena sesuai tugasnya, mengatakan ET perlu diprioritaskan, tetapi kenyataan sekitar 19 GE (54%) program 35 GW adalah untuk batubara. Simak berita detik.com selengkapnya di bawah ini.

“Kementerian ESDM menjadikan sektor energi baru terbarukan (EBT) sebagai fokus pengembangan energi ke depan. Dari potensi yang dimiliki Indonesia 801,2 Giga Watt (GW), pemanfaatan EBT baru mencapai 1%, atau sekitar 8,66 GW.

“Pemanfaatan energi terbarukan baru 1% dari potensi 801,2 GW atau sekitar 8,66 GW artinya hampir utuh karena nggak dipakai,” ujar Direktur Jenderal EBTKE, Rida Mulyana, dalam Sarasehan Media, di Hotel Neo Plus Green Savana, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/5/2016).

Sebagai informasi, potensi energi terbarukan di Indonesia berasal dari berbagai macam sumber energi, seperti air, angin, surya, bio energi, energi laut, dan panas bumi, namun pemanfaatannya masih minim.

Tenaga Air dari potensi 75 GW baru dimanfaatkan 5,02 GW (7%), tenaga Angin 113,5 GW baru dimanfaatkan 6,5 MW (0,01%), tenaga Surya 532,6 GWp baru dimanfaatkan 0,08 GWp (0,01%), dan Bio Energi 32,6 GW baru dimanfaatkan 1,74 GW (5,3%).

Potensi pembangkit listrik dari tenaga energi laut 18 GW baru dimanfaatkan 0,3 MW (0,002%) dan panas bumi 29,5 GW baru dimanfaatkan 1,44 GW (5%).”


Actions

Information

Leave a Reply

