Butuh Kompromi Harga Listrik Mikrohidro

12 06 2016

“Menteri ESDM, Sudirman Said, menegur manajemen PLN karena membuat aturan sendiri soal tarif listrik dari pembangkit listrik mikro hidro (PLTMH)” (detik.com)

uH
Pembangkit Listrik Mikrohidro (Foto: Energypedia)

Dua-duanya benar. Akar masalahnya yang kusut. PLN sacara hirarki berada di bawah Kementerian BUMN, namun sektor yang digarapnya di bawah koordinasi Kementerian ESDM. Diperlukan komitmen (dalam bentuk kebijakan dan instruksi yang tegas) dari lembaga yang lebih tinggi (Menko terkait atau bahkan Presiden) tentang komitmen pada ET.

Tanpa komitmen dari level paling atas, maka ET hanya jadi slogan, sementara di negara lain ada yang bahkan komit 100% ET. Suatu hari nanti, jika tidak cepat ambil keputusan, negaa ini akan mengulangi kejadian yang sama, seperti banyak pengalaman-pengalaman lain, bahwa terlambat mengambil pilihan membuat bangsa ini berakhir sebagai bangsa konsumen teknologi dan penonton negara lain bermain di pasar yang basah.

ET tidak bisa dibiarkan bertarung head-to-head dengan energi fosil. Bisnis energi fosil yang ‘kotor’ sudah terlalu teramat besar, menggurita ganas, dan teramat kuat, sementara ET adalah ibarat bayi mungil tanpa dosa yang baru hadir di dunia ini. Jika pemerintah diibaratkan sebagai orang tua, orang tua macam apa yang membiarkan kedua anak dengan beda kondisi seperti itu bertarung head-to-head?

Sebenarnya keduanya tidak perlu dipertarungkan. Keduanya perlu diberi peran masing-masing. ET yang masih muda sacara pasti diberi peran makin besar dan makin besar, sedangkan energi fosil yang sudah beranjak tua mulai dikurangi perannya. Dalam terminologi kebijakan ini dinamakan ‘sustainable energy mix scenario?’ Kami di perguruan tinggi siap. Pemerintah? BUMN?


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: