Ketinggalan Barang Berharga di Dalam Bus

15 10 2016

Pernahkah anda naik bus kota lalu barang bawaan anda tertinggal di dalam bus? Apakah barang milik anda kembali dalam keadaan utuh?

Pertanyaan di atas tentu jawabannya bervariasi. Cukup besar kemungkinan barang anda kembali utuh, karena di luar sana banyak orang-orang jujur dan baik. Namun mungkin juga ada kemungkinan lain, tergantung nilai barang yang tertinggal dan dibawa oleh bus kota. Jika yang tertinggal adalah sebuah tas tua berisi buku, mungkin tinggi harapan anda bahwa tas dan isinya tidak akan kemana-mana saat anda mencegat bus itu lagi. Namun jika yang tertinggal adalah sebuah tas yang cukup bagus dan di dalamnya ada barang elektronik yang cukup bagus, mungkin peluangnya lebih kecil.

Jumat, 15 Oktober 2016 sore, anak saya pulang sekolah menggunakan bus kota. Saat turun di halte bus dekat rumah dan bus yang ditumpanginya telah berlalu, dia baru sadar bahwa tas-nya tertinggal di dalam bus. Tentu saja timbul kepanikan karena di dalam tas itu terdapat buku-buku dan peralatan sekolah yang tidak ternilai harganya. Ada juga sebuah handphone dari merk bagus yang harga second hand nya jutaan rupiah.

05Bus kota di Enschede. Foto: https://c2.staticflickr.com/6/5487/11195085845_51d0a8a646_b.jpg

Salah satu pilihan tindakan adalah menunggu bus yang sama kembali lewat di tempat yang sama, mencegatnya dan mencari tas di dalam bus. Tapi di Belanda tentu tidak mudah melakukan itu. Pertama, mencegat bus yang lewat, lalu mencari sesuatu di dalamnya di depan banyak penumpang lain, membuat mereka menunggu dan bertanya-tanya, tentu bukan hal yang menyenangkan. Kedua, tidak ada jaminan bus yang sama akan kembali lewat di tempat yang sama karena pertukaran trayek sopir dan bus sering dilakukan.

Saya tidak terlalu khawatir saat ditelepon anak saya memberitahu kejadian tersebut. Saya percaya di negara ini amat kecil kemungkinan orang tertarik pada barang milik orang lain, apalagi di tempat umum seperti itu. Sopir bus apalagi, dia terikat dengan aturan integritas dan nilai moral individu sehingga kecil kemungkinan menggelapkan barang di dalam bus yang dikendarainya. Saya menceritakan ulang cerita anak saya di telepon kepada teman sekantor, dan dia berkata, “Tas dan isinya akan kembali dalam keadaan utuh. Ini Eropa, kawan.”

Lalu saya mengirim email ke Syntus, perusahaan bus tersebut. Sekitar 30 menit kemudian email saya dibalas dan saya diminta membuka bagian “Lost and Found” pada websitnya. Disebutkan di dalam emailnya bahwa daftar barang-barang yang tertinggal di dalam armada Syntus (bus dan kereta api) dapat dilihat di website mereka, lengkap dengan fotonya. Saya buka halaman tersebut. Benar. Foto tas anak saya sudah muncul di sana. Artinya tidak lebih 30 menit setelah kejadian, perusahaan bus sudah mencari pemilik tas yang ketinggalan tersebut.

03Email balasan dari perusahaan bus Syntus.

02Tampilan barang-barang tertinggal di bus/kereta api Syntus.

Foto barang yang hilang tidak ditampilkan lengkap. Untuk bisa mengambil barang tersebut, saya harus membuktikan bahwa itu milik anak saya. Saya harus bisa menyebutkan ciri-ciri atau isi tas yang tidak dimunculkan di foto. Lalu saya diminta meninggalkan alamat email.

Tidak lama kemudian, saya mendapat pesan di bawah ini, yang artinya, “Kami sangat senang barang milik anda telah ditemukan. Silahkan datang ke alamat ini untuk mengambilnya.”

04Konfirmasi bahwa barang yang hilang sudah bisa diambil.

Selanjutnya, kita tinggal memilih apakah akan mengambil barang ke alamat yang ditentukan atau minta barangnya diantar ke alamat kita. Untuk jasa antar alamat, pemilik barang dikenai biaya pengantaran yang cukup murah. Atas nama penghematan, saya memilih datang sendiri mengambil karena jaraknya dekat.

Teman-teman. Jika anda mengalami hal yang sama, apakah anda punya harapan besar barang anda akan didapatkan kembali? Apakah anda bisa berharap bantuan dari perusahaan bus di kota anda untuk mendapatkan bawaan anda kembali, misalnya dengan mengirim email kepada mereka? Saya percaya bahwa anda bisa berharap pada perusahaan bus di kota anda dan barang milik anda kembali dalam keadaan utuh.


Actions

Information

Leave a Reply

