Kompor Rusak Langsung Diganti

7 11 2016

Saya dan keluarga tinggal di akomodasi karyawan dan mahasiswa di dalam kampus. Waktu masih di tempat kerja, istri mengirim pesan whatsapp dari rumah. Katanya, sebuah tombol kecil di kompor listrik di rumah, lepas dari tempatnya dan terpental ke atas. Tidak tahu kompornya rusak atau tidak, tapi istri ragu menyalakan kompor lagi. Saya membayangkan biaya yang mungkin akan dikeluarkan karena kejadian itu, seperti upah teknisi untuk memperbaiki, atau mungkin biaya mengganti kompor baru.

Dalam kontrak, jika mengalami masalah seperti itu, dilarang memperbaiki atau mengganti sendiri. Yang harus dilakukan adalah menelepon kantor pengelola perumahan karyawan menyampaikan hal tersebut.

Saat menelepon, saya diberi tahu bahwa mereka tidak bisa mengutus teknisi sore itu untuk datang memperbaiki. Teknisi akan datang besok pagi. Saya langsung membayangkan berbagai kesulitan yang akan timbul karena malam itu tidak bisa memasak. Namun, tanpa disangka dan tanpa ditanya, saya justru ditawarkan kompor baru sebagai cadangan.

Kurang 20 menit kemudian, kompor pengganti sudah tiba di rumah. Saat serah terima, tidak ada pertanyaan menyelidik seperti: mengapa kompornya rusak? Siapa yang merusakkan? Bagaimana kronologi kejadiannya?

   
Saat serah terima kompor, juga tidak diminta tanda pengenal atau foto copy nya. Juga tidak diminta menandatangani tanda terima barang. Tidak ada diminta menandatangani Surat Pernyataan di atas materai bahwa bersedia mengembalikan kompor pengganti setelah kompor lama diganti/diperbaiki, atau pernyataan bahwa saya bersedia mengganti kerugian jika pengaduan saya tidak benar adanya.

Serah terima barang berlangsung tanpa pertanyaan, tanpa pernyataan, tanpa biaya. Yang ada hanya kalimat, “sekarang kalian bisa memasak lagi, dan besok teknisi akan datang memperbaiki kompor yang rusak.”

Kompor lama berdampingan dengan kompor baru.

Esok harinya sekitar jam 10 pagi, teknisi datang. Mereka membawa kompor baru untuk mengganti kompor yang rusak. Namun setelah memeriksa, rupanya masih bisa diperbaiki sehingga tidak jadi diganti baru. Pekerjaannya selesai dalam 30 menit. Mereka pergi dengan muka senang setelah sebelumnya mengajak anak dan istri beramah tamah.

Sedangkan kompor pengganti saya kembalikan lagi esok harinya, dengan kondisi segel dan kotak sudah teruka, beberapa plastik sudah disobek dan tidak sebersih semula. Saya menanyakan tentang biaya dan dijawab singkat “gratis.”

Untitled-2

 

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s




%d bloggers like this: