Tak perlu antri untuk mendengar “bapak tidak di tempat”

3 03 2017

Salah satu syarat untuk menyewa rumah di Belanda adalah menyerahkan income statement alias surat pernyataan penghasilan. Dalam bahasa belanda dinamakan inkomensverklaring. Income statement ini dikeluarkan oleh Kantor Pajak (belastingdienst).

Membayangkan berurusan dengan kantor pajak mungkin yang terlintas pertama adalah antrian yang panjang, pejabat (Bapak) tidak di tempat dan isi formulir berlembar-lembar. Yang selalu ada biasanya mempersiapkan foto copy NPWP, foto copy KTP, dan sebagainya.

Bayangan seperti itu juga yang memenuhi pikiran saya sehingga hampir sebulan menunda pengurusan. Tapi akhirnya harus dilakukan juga. Karena belum tahu prosedurnya, saya mencari nomor telepon kantor pajak dari internet. Saya telepon mereka dan menyampaikan maksud meminta income statement untuk saya dan istri. Petugas di seberang telepon menanyakan social security number atau burgerservicenummer (BSN) dalam dalam bahasa Belanda. BSN ini mirip dengan nomor KTP di Indonesia.

Setelah memberikan BSN saya dan istri, petugas di telepon mengatakan surat yang saya minta akan tiba di rumah dalam lima hari. Lalu dia mengucapkan salam, mengucapkan terimakasih dan menutup telepon.

Saya termenung. Mengapa segampang itu? Mana antrian panjangnya? Bukankah bapak sibuk dan mungkin tidak di tempat? Saya paham dan tidak keberatan kok. Mengapa tidak ada formulir yang harus diisi dan tandatangani? Mengapa saya tidak diminta datang ke kantor pajak? Mengapa tidak ada dokumen yang harus saya serahkan?

Mengapa? Karena mereka mau menerapkan administrasi sederhana, online dan terintegrasi.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: