ENERGI TERBARUKAN SATU RASA SATU HARGA UNTUK INDONESIA

26 05 2018

Cadangan energi fosil Indonesia makin berkurang. Harganya pun semakin garang. Belum lagi jika dihitung dampaknya pada perubahan iklim yang panjang. Namun, energi fosil telah dan sedang mendapat subsidi dari yang berwenang. Jika dijumlah, sejak puluhan tahun lalu, subsidi pada energi fossil itu lebih dari Rp. 1000 Triliun uang. Setelah mengeluarkan dana sebanyak itu, kini kita tetap menggesa produksinya dari perut ibu pertiwi dan melepaskan CO2 ke atmosfer yang makin berlobang. Kebijakan BBM satu harga adalah cemerlang. Walaupun harus disubsidi, ini adalah demi mereka yang jauh dari pusat negara yang selalu terang benderang.

Namun, di pihak lain, energi terbarukan terjepit di sudut. Walaupun sesama ‘anak kandung’ bumi pertiwi, ia seperti berjuang dalam takut. Begitu berat pemerintah memberinya subsidi; kemarin ada, sekarang dicabut. Padahal harganya makin murah, dia bersih, dan cadangannya tak surut.

Banyak saudara kita hidup di kampung ujung di Papua, di pulau jauh di Maluku Utara, dan di tempat lain di kepulauan kita. Tak sedikit mereka membeli listrik dengan harga Germania. Sementara, di ibu kota, orang tidur bermandi cahaya dan TV terbiasa menonton pemirsa.

Atas nama keadilan buat seluruh rakyat Indonesia. Maka kebijakan Energi Terbarukan Satu Rasa Satu Harga (SARASAGA) perlu digesa. Artinya, jika suplai energi didapat dari sumber-sumber energi terbarukan, mereka mendapat suplai dan harga yang sama dengan saudara sebangsa di kota. Jika jawaban untuk SARASAGA adalah subsidi juga, jangan ragu dan gundah. Karena pada energi fosil, kita sudah lakukan sangat lama.

Catatan:

Inilah kesimpulan yang saya sampaikan sebagai catatan penutup dalam diskusi yang ditaja oleh Formal Jerman 26 Mei 2018.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: