Minta Ongkos Kereta Dikembalikan

14 12 2018

Untuk menumpang transportasi umum di Belanda, harus beli tiket atau menggunakan kartu. Namanya OVchipcard.

Kartu ini bisa didapatkan dengan mendaftar terlebih dahulu secara online. Saat naik dan turun kendaraan, tempelkan kartu di mesin untuk tag in dan tag out. Secara otomatis sistem akan menghitung di mana kita naik dan di mana kita turun. Jumlah uang di dalam kartu akan berkurang sesuai rute perjalanan. Oleh karena itu, kartu harus sering diisi. Bisa juga diisi secara otomatis dari rekening bank kita, jika tidak mau repot.

Ongkos kereta di Belanda lumayan mahal jika membeli tiket standar atau menggunakan OVchipcard. Maka, perlu rajin-rajin mencari info tiket diskon. Dalam sebuah perjalanan kerja ke TU Eindhoven, saya membeli tiket diskon sehari sebelum perjalanan. Tiket ini secara elektronik bisa di-load ke dalam handphone. Saat akan pulang dari Eindhoven, saya tidak bisa membuka gerbang (gate) dengan tiket di hp saya. Mungkin karena ada goresan di layar hp, atau karena mesin tiketnya rusak. Akhirnya, saya menggunakan OVchipcard untuk membuka gate.

Menggunakan OVchipcard berarti saya rugi tiga kali. Rugi pertama, saya membayar dengan harga tiket standar yang lebih mahal. Rugi kedua, tidak hanya membayar harga tiket standar, saya juga membayar tiket dengan rute terjauh di Belanda. Sistem tahu saya tag-in di Eindhoven, tapi tidak tahu di stasiun mana saya tag-out. Maka, sistem mengasumsikan saya melakukan perjalanan yang cukup jauh. OVchipcard saya ditarik Eur 20. Rugi ketiga, tiket diskon yang dibeli sehari sebelumnya tidak terpakai.

Untungnya, perusahaan kereta di Belanda ada solusi untuk kasus seperti ini. Setelah 24 jam sejak pertama kali tag-in, penumpang bisa mengajukan pengembalian uang untuk kejadian seperti ini. Inilah yang saya lakukan. Pengajuan pengembalian uang dilakukan online dan memakan waktu kurang dari 5 menit. Hanya perlu mengisi beberapa kolom dan nomor rekening bank. Walhasil, seminggu kemudian, uang saya kembali.

Tak perlu menunjukkan bukti apapun, karena kejujuran adalah harga yang dapat ditawar.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: