My Study

Strata 1 (Sarjana Teknik, S.T.)
Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta [Teknik Elektro];

Spesialis (PgDipEnSt)
Post Graduate in Energy Studies Murdoch University Western Australia [Studi Energi];

S2 (Magister, M.Sc.)
Masters in Renewable Energy Murdoch University Western Australia [Energi Terbarukan];

S3 (Kandidat Doktor)
Grid-connected Solar PV Systems University of Twente Belanda [Pembangkit Listrik Tenaga Surya Tersambung Jaringan Listik, insya Allah mulai Mei 2016].

Tentang Studi Spesialis dan S2 Saya

Murdoch University dikenal memiliki tradisi dan kualitas yang kuat di bidang ilmu komunikasi/media, studi Asia, Hukum, Bisnis, kedokteran hewan dan biomedik, biologi, chiropractic, ilmu lingkungan, ilmu material, teknik kontrol dan instrumentasi, pembangunan berkelanjutanenergi terbarukan, dll.

Bagi pelajar yang tertarik dengan tema-tema harmonisasi energi dan lingkungan seperti saya, terdapat banyak mata kuliah yang menarik dan penting. Namun karena waktu dan biaya, hanya beberapa mata kuliah yang saya pelajari di Energy Studies Murdoch University, antara 2007 hingga 2009. Saya sangat senang berdiksusi dengan anda tentang topik-topik pada matakuliah-matakuliah tersebut.

Energy in Society

Mata kuliah ini membahas sumber-sumber energi yang tersedia di Bumi dan aplikasinya dalam menghasilkan tenaga untuk masyarakat manusia. Pendekatan mata kuliah ini adalah lintas bidang (multidisciplinary). Materinya meliputi pola konsumsi energi dunia, teknologi konversi energi, akibat sosial dan lingkungan dari pemanfaatan energi, sumber energi konvensional dan alternatif, penghematan konsumsi energi, dan pilihan-pilihan suplai energi masa depan.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Tugas mingguan: menjawab pertanyaan sehubungan topik setiap minggu

Project (4000 kata): mahasiswa (pura-pura) menjadi konsultan energi pada sebuah kabupaten. Sang konsultan diminta menyusun rencana strategis kabupaten tersebut dalam rangka mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan panggunaan energi terbarukan. Mahasiswa memilih salah satu kabupaten di Australia sebagai tempat riset.

Energy Management

Mata kuliah yang membahas metode penghematan konsumsi energi di gedung-gedung, pabrik, dan sarana transportasi. Dipelajari teknik untuk mengukur dan memonitor penggunaan energi, cara-cara meningkatkan kinerja peralatan listrik, desain bangunan hemat energi, dll. Mata kuliah ini juga mencakup audit energidan penerapan program hemat energi. Dua buah praktikum dilakukan untuk membiasakan mahasiswa dengan prosedur-prosedur yang berlaku. Di bagian akhir kuliah ini, mahasiswa melakukan kunjungan ke St. John of God Hospital, Murdoch. Rumah sakita besar ini telah menerapkan Program Energy Managemen dan telah meraih keuntungan besar. Kini mereka bersiap mengembangkan program serupa dalam cakupan lebih luas.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Praktikum: 2 kali

Tugas mingguan: menjawab pertanyaan sehubungan topik setiap minggu

Project (2500 kata): mahasiswa melakukan audit energi pribadi (pemakaian BBM, listrik, gas, dll) selama setahun penuh (mengunakan tagihan-tagihan listrik, gas, kwitansi BBM, dll.). Kemudian mahasiswa mengusulkan langkah-langkah penghematan sebesar 10%, 40%, dan 80% menggunakan metode/teknologi yang sudah ada atau yang masih dalam tahap riset.

Energy Policy

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memahami bagaimana proses pembuatan kebijakan di bidang energi. Dalam konteks Australia, peran institusi-institusi (pemerintah atau non pemerintah) dalam menentukan bentuk, arah dan hasil kebijakan tersebut dibahas satu per satu. Kebijakan internasional, nasional (Australia) dan negara bagian untuk jenis-jenis energi (minyak, gas, nuklir, batubara, energi terbarukan, dll.) dibahas satu per satu. Pada bagian akhir dilakukan pengujian dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari kebijakan-kebijakan tersebut. Contoh-contoh kasus di beberapa negara dibahas.

Kuliah: 2 jam per minggu

Essay: 2 buah masing-masing 1500 kata

Project (2500 kata): mahasiswa (pura-pura) adalah seorang konsultan yang bekerja untuk Menteri Energi sebuah negara. Pada saat terpilih, sang Menteri ingin menyampaikan rencana pengembangan energi untuk negara tersebut selama masa jabatannya. Sang konsultan diminta menyiapkan rencana tersebut.

Energy Economics

Adalah mata kuliah paling sulit bagi saya karena belum pernah pelajar ilmu ekonomi secara formal. Mata kuliah ini pada bagian awal memperkenalkan teori-teori ekonomi yang terkait sektor energi antara lain: discounted cash flow analysis, levelised cost, benefit-cost analysis dan the internalising of externalities. Topik-topik berikutnya menyangkut penentuan harga energi dan managemen resiko. Perhatian juga diberikan untuk membuka akses pada failitas-fasilitas energi, pajak-pajak di sektor energi, dll. Peran perusahaan listrik dan pembuat kebijakan di bidang kelistrikan juga dibahas. Bagian akhir kuliah ini ditekankan pada peran pasar energi di zaman di mana aspek lingkungan dan sosial dipertimbangkan dalam setiap aktifitas energi.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Essay: 2 buah masing-masing 2000 kata (mahasiswa memilih salah satu topik yang ditawarkan dosen).

Project (2500 kata): (mahasiswa memilih salah satu topik yang ditawarkan dosen).

Renewable Energy and Sustainable Development

Mata kuliah ini menjawab tantangan minimnya akses energi di negara-negara berkembang, khususnya di kawasan terpencil. Pendekatan dimulai dari studi kelayakan, desian sistem/proyek energi terbarukan, pemeliharaan, dan meningkatkan peran masyarakat yang menjadi target proyek. Beberapa jenis teknologi energi yang berkembang di negara berkembang dibahas secara singkat. Mata kuliah ini tidak sepenuhnya bersifat teknis, tapi bersifat holistik dengan mempertimbangkan aspek-aspek non teknis.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Praktikum: 3 kali (solar dryer, solar cooker, dan biogas digester) – sebagian foto-foto praktikum dapat dilihat pada tulisan saya berjudul Kue Ramah Lingkungan).

Tugas mingguan: menjawab pertanyaan sehubungan topik setiap minggu

Project (2500 kata): mahasiswa membuat laporan tentang sebuah proyek energi terbarukan di Indonesia yang gagal. Laporan minimal memuat sejarah proyek, proses pelaksanaan, pihak-pihak yang terlibat, pendanaan, penyebab gagal, dan pelajaran yang diambil dari proyek tersebut.

Energy Systems

Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai sistem konversi energi mulai dari desain hingga operasional. Sistem-sistem yang dibahas adalah berskala kecil hingga menengah yang sedang diterapkan di Asutralia. Beberapa contoh sistem yang dipelajari adalah sistem terpisah (isolated) berbasis generator disel, sistem hybrid, photovoltaic systems (surya), sistem pembangkit energi angin, dan sistem pemanas surya (solar thermal). Sistem Co-generation (CHP), fuel cells, dan mikrohidro. Kunjungan ke Pusat Penelitian Energy Terbarukan (RISE) milik Murdoch University dilakukan untuk memperlihatkan berbagai jenis sistem yang digunakan di lapangan. (untuk melihat sebagian fasilitas di RISE, silahkan simak tulisan saya berjudul Program Studi Energi Terbarukan).

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Tugas mingguan: menjawab pertanyaan sehubungan topik setiap minggu

Project (2 buah): 1. Perancangan pembangkit listrik hibrid (gabungan diesel dan sumber lain) bagi sebuah kawasan pertambangan terpencil (berbagai alternatif pembangkit diusulkan, dan penekanan diberikan pada teknologi yang memerlukan biaya paling kecil). 2. Perancangan pembangkit listrik hibrid (gabungan energi surya dan angin), mulai dari studi kelayakan, desian sistem, komponen, ekonomi,operasi, pemeliharaan, dll.

Renewable Energy System Design

Fokus mata kuliah ini adalah pada desain sistem energi terbarukan, estimasi kinerja sistem, dan aspek ekonomi. Proses desain sebagian besar menggunakan software-software yang dikenal di bidang energi terbarukan. Software-software yang dipelajari adalah RETScreen, RAPSIM, HOMER, Hybrid2, ViPor, Trnsys, f-Chart, AccuRate, FirstRate, dan Cogen RR. Proses validasi program-program komputer tersebut juga diperkenalkan. Mata kuliah ini dilengkapi dengan workshop sekali seminggu di mana mahasiswa belajar mengaplikasi software-software yang dipelajari.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Project (3 buah): 1. Penggunaan RETScreen untuk studi kelayakan proyek sistem energi terbarukan. 2. Penggunaan HOMER dan RAPSIM untuk perancangan sistem energi terbarukan. 3. Mahasiswa membuat program sendiri untuk proses desain pompa air tenaga matahari.

Case Studies of Renewable Energy Systems

Berbagai studi kasus proyek energi terbarukan (solar, angin, ombak, air, dan biomassa) disajikan pada mata kuliah ini. Pendekatan umum mata kuliah ini adalah bagaimana sebuah proyek dilaksanakan, mulai dari ide hingga aplikasi lapangan secara komersial. Sistem-sistem yang dibahas adalah grid conneted dan off-grid, baik yang sukses maupun yang gagal. Sebagian besar mata kuliah ini diajarkan oleh pihak industri (pemilik sistem-sistem yang dibahas).

Pada mata kuliah ini juga diperkenalkan berbagai standar yang digunakan dalam desain, instalasi, monitoring, dan pemeliharaan sistem energi terbarukan. Standar-standar yang digunakan adalah Australian Standards, New Zealand Standards, dan International Electrotechnical Comission (IEC) Standard. Di bagian akhir kuliah ini, mahasiswa mengunjungi pembangkit listrik berbahan bakar biogas dari landfill (tempat pembuangan akhir sampah) bernama Landfill Gas & Power Pty Ltd (LGP), melihat dari dekat aplikasi konversi sampah kota menjadi listrik. Tambahan informasi tentang LGP dapat dilihat pada tulisan yang saya buat pada kunjungan kedua ke sana, berjudul Mengubah Sampah Menjadi Listrik.

Kuliah: 2 jam per minggu

Tutorial: 1 jam per minggu

Presentasi: 1 kali

Tugas mingguan: menjawab pertanyaan sehubungan topik setiap minggu

Project: satu buah tugas kelompok. Sebuah perusahaan peternakan sapi di kawasan terpencil Australia Barat selama ini menggunakan generator disel sebagai pembangkit listrik, kemudian memasang solar sistem ukuran kecil.Setiap kelompok diminta menganti sistem yang ada dengan 100% sistem energi terbarukan. Pilihan yang ditawarkan adalah 100% energi surya, 100% energi angin, atau gabungan energi surya dan biomassa. Bagian awal tugas adalah menganalisa data angin,  data intensitas cahaya matahari, dan sumber biomassa di kawasan tersebut. Bagian berikutnya adalah analisa beban dan pola penggunakan listrik di peternakan. Setiap kelompok kemudian melakukan desain dari sistem diusulkan (yang paling menguntungkan secara ekonomi). Desain sistem menggunakan standar Australia AS5033 dan menggunakan komponen-komponen yang produksi di Austrlia.

Renewable Energy Resources

Mata kuliah ini saat ini masih saya pelajari.

Mata kuliah ini membahas ketersediaan dan distribusi berbagai sumber energi terbarukan seperti radiasi matahari, angin, air, pasang-surut, ombak, dan biomassa. Metode-metode pengukuran, monitoring, dan analisa sumber-sumber tersebut dijelaskan dan beberapa praktikum dilaksanakan untuk menggambarkan prosedur yang ditempuh. Prinsip-prinsip dalam melaksanakan studi potensi energi di lokasi tertentu dibahas, yang mencakup sumber data, analisa data, dan estimasi data jika data aktual tidak tersedia.

Renewable Energy Devices

Membahas prinsip kerja, desain, dan syarat-syarat dalam melakukan pemasangan berbagai peralatan/komponen sistem energi terbarukan. Komponan yang dipelajari adalah solar sel, turbin angin, solar thermal collectors, inverter, maximum power point trackers (MPPT) dan battery charge controllers.

Oversear Aids and International Development

Mata kuliah yang menarik dan sebenarnya lebih cocok buat aktvis LSM. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk workshop. Di bagian awal diperkenalkan kondisi dunia “di luar sana,” maksudnya adalah bahwa di negara-negara berkembang masih terlalu banyak kelompok masyarakat yang belum punya akses ke air bersih, sanitasi, kegiatan produksi, energi (termasuk listrik), dll. Di bagian berikutnya mahasiswa dibimbing langkah-demi langkah yang perlu ditempuh dalam mendirikan LSM. Selanjutnya, mahasiswa (pura-pura aktivis LSM), diberitahu bagaimana menyusun proposal proyek. Lalu mahasiswa diberi akses ke donor-donor internasional. Pada bagian akhir kuliah ditekankan pada manajemen proyek dan manejemen LSM.

Tugas pada mata kuliah ini adalah mengimplementasikan semua proses di atas sejak awal hingga akhir melalui studi-studi kasus.

Thesis

Sedang dikerjakan. Topik: Options for Electrifying Remote Villages in the Province of Riau Indonesia.

15 responses

31 03 2009
RaiulBaztepo

Hello!
Very Interesting post! Thank you for such interesting resource!
PS: Sorry for my bad english, I’v just started to learn this language😉
See you!
Your, Raiul Baztepo

8 04 2009
PiterKokoniz

Hello !!🙂
My name is Piter Kokoniz. oOnly want to tell, that your blog is really cool
And want to ask you: is this blog your hobby?
Sorry for my bad english:)
Tnx!
Your Piter

6 07 2009
Amalia

Wew, mata kuliahnya menarik sekali! Btw, Murdoch University itu dimana ya? Maap, males googling…
Saya ada rencana ambil master Energy and Environmental Management, sekarang sedang nyari tema tesis.
Kayaknya saya bisa banyak bertanya pada Saudara ya…

16 04 2010
Posko Siregar

Mas, saya ingin sekali bisa belajar lebih jauh tentang energy dan lingkungan. Pendidikan saya Diploma III dari Politeknik Negeri Medan (Universitas Sumatera Utara) Jurusan Teknik Konversi Energi. Saya rasa apa yang saya dapatkan selama ini di kampus masih kurang. Bagaimana caranya agar saya bisa melanjutkan lagi belajar saya seperti yang Mas sudah dapatkan ?.

22 07 2012
nitanata

mau tanya bang kalau jurusan teknik konversi energi itu harus kuat juga ya di fisikanya?
tolong dibalas ya bang soalnya aku juga tertarik sama jurusan itu tp fisika aku pas-pasan -__-”
makasih🙂

16 07 2010
Fitria

Ada program S3-nya nga?

16 07 2010
Fitria

Ada. Sekarang ada dua mhs Indonesia ambil PhD di sana dan beberapa sudah lulus.

Kun

19 12 2010
Adit

hai2.. aku juga lagi blajar pakai HOMER nih,, boleh tanya2 ga? thanks b4.. ^^v

31 01 2012
Didik purwianto

saya sangat tertarik belajar RENEWABLE ENERGY SISTEM dan sangat cocok diterapkan di indonesia

24 03 2012
zar

wah bahasan yg menarik. klo di indonesia ada ga ya mas, jurusan yg fokus membahas tentang renewableable energi? kebetulan ane pengen ngelanjutin kuliah s2 fokus tentang masalah ini….kira2 ada ga ya di indonesia…

5 08 2012
Kunaifi

Yth. Zar.
Di Universitas Darma Persada di Jakarta ada S2 Energi Terbarukan.
Salam. Kun.

10 02 2013
Anonymous

pak kenapa nilai uts yozi gak ada padahal saya sudah ngirim tugas saya ke email bapak????

10 02 2013
yozi fadli

pak kenapa nilai uts pengukuran dan istrumentasi yozi gak ada nilainya padahal saya sudah ngirim tugas saya ke email bapak????

nama : yozi fadli
nim : 11155103035
lokal A
teknik elektro

25 02 2014
Alda Lumban Gaol

Pak Kunaifi. Mohon bantuan ( tips dan proses ) agar mendapatkan s2 renewable energy di Murdoch.

Saya sangat Tertarik

18 08 2016
kunaifi

Silahkan, Alda. Apa yang mau ditanyakan? Saya akan coba jawab semampu saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: