Pembangkit Listrik Tenaga Pasang-Surut Komersial Pertama Dunia Mulai beroperasi (The world’s first commercial tidal power goes online)

Tanggal 2 April 2008 boleh dikatakan sebagai salah satu hari penting dalam teknologi energi terbarukan. Pada hari itu, pembangkit listrik tenaga pasang-surut komersial pertama di dunia mulai dioperasikan.

Sea Gen (Source: seageneration)

Turbin air ini diberi nama SeaGen (Sea Generation), dibuat oleh Marine Current Turbines Ltd., sebuah perusaan yang berbasis di Bristol, Inggris. Lokasi yang dipilih adalah selat antara Strangford dan Portaferry, Irlandia Utara, sekitar 400 meter dari garis pantai.

Lokasi SeaGen, selat antara Stangford dan Portaferry, Irlandia Utara (Source: Google Earth)

SeaGen memiliki dua buah rotor berdiameter 16 meter, empat kali lebih besar dari pada pendahulunya. Tahun 2003, perusahaan yang sama, membuat SeaFlow dengan kapasital 300kW (bukan komersial) di Lynmouth, Devon.

Rotor SeaGen (Source: seageneration)

Pembangkit yang awal proyek dimulai 2005 ini memiliki kapasitas 1.2 MW, cukup untuk memberikan tenaga listrik bagi sekitar seribu rumah, dan bekerja 18 – 20 jam sehari. Dalam 12 hari, pembangkit ini ditargetkan telah tersambung dengan jaringan listrik lokal. ESB Independent Energy telah bersedia membeli listrik dari SeaGen. Yang paling penting, setiap watt listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini tidak menghasilkan sedikit pun gas rumah kaca.

Proses instalasi (Source: seageneration)

Proyek yang menghabiskan dana 5.2 juta Pounds (sekitar Rp. 95 Miliar) ini merupakan salah satu bentuk tindakan nyata yang dilakukan pemerintah Inggris selaku penandatangan Prokol Kyoto untuk mengatasi pemanasan global.

Namun demikian, proyek ini dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem di perairan setempat, terutama mamalia laut. Untuk meninjau kemungkinan ini Marine Current Turbines Ltd telah menyediakan 2 juta Pounds untuk memotitor dampak lingkungan dari proyek ini.

Indonesia Raya kapan menyusul?

Sumber: http://www.seageneration.co.uk

Untuk memberi komentar atas informasi ini, silahkan klik di samping Comments di bawah.

15 thoughts on “Pembangkit Listrik Tenaga Pasang-Surut Komersial Pertama Dunia Mulai beroperasi (The world’s first commercial tidal power goes online)

Add yours

  1. Subhanallah, mudah2an Indonesia Raya bisa mencontoh bukan mencontek teknologi energi terbarukan ini yang potensi di Indonesia ini sangat besar. Banyak selat, banyak laut jangan hanya diambil ikannya saja untuk kehidupan sesaat, tetapi mari kita berbuat sesuatu mulai hari ini dan seterusnya supaya sistem operasional kehidupan kita mulai berjalan dengan bagus. Kalau pemimpin negara punya rencana yang bagus dan bervisi ke masa depan, rakyat siap berada di garda depan dan belakang untuk mewujudkannya. Kobarkan semangat tahun 1945 dan nyatakan semangat 1966 untuk berjuang mewujudkan teknologi SeaGen dengan cepat berada di Indonesia Raya. Pertanyaan pertama adalah bagaimana fungsi kerja SeaGen ini. Wassalam

  2. sebenarnya banyak orang pinter di Negeri ini tapi sayangnya aturan soal Hak Cipta tidak memberikan keleluasan pada Orang atas Ciptaanya……..tidak seperti di Negeri Barat Maksudnya negara-Negara maju karena hak orang dihargai dan diakui sebagai miliknya……sehingga banyak yang berlomba menciptakan sesuatu yang baru……..

  3. Menarik sekali artikelnya boz, kalau bisa dilengkapin sama cara kerjanya tuh, pasti lebih hot artikelnya… siapa tau bisa juga dikembangkan mekanisme serupa dengan skala mikro [yg lebih kecil] dan jadi solusi buat saudara-2 kita yg kesulitan masalah listrik..

    let be a participant, not just a comentator,
    then everyone will be happy & proud of you…

  4. sya sbgai slah stu putra teknik indonesia sneng bngat lw indonesia bsa nyusul untuk melakukan proyek yg sma……….. brun realisasikan dong jngan rencna aj… key!!!!!!!!!!!!

  5. Sekolah SD… nyontek, sekolah SMP… nyontek, sekolah SMU… nyontek juga, apalagi kuliah… pasti nyontek, serta cari kerja nyogok (suap)… hasilnya kerja pasti korupsi…

  6. Indonesia kaya akan lautnya begitu luas. Mengapa kita sebgai bangsa Indonesia tidak mengoftimalkannya? Karenna Korupsi aja yang dipelihara!

  7. banyak potensi yang kita miliki dari sumber daya laut yang bisa digunakan untuk pembangkit pasang surut tetapi peratian pemerintah terhadap hal inimasih sangat minim, berikann peratian bagi pelajar mahasiswa yang ingin menggali lebih dalam tentang potensi ini.

  8. walopun, peran kita penting, tapi kan teteup aja! kebanyakan pemerintah tuh, menghamburkan uang untuk hal yang kurang berguna!!

  9. permasalahan terbesar adalah berasal dari pribadi kita masing-masing,kita tidak bisa menyalahkan pemerintah lantaran pemerintah mementingkan dirinya. pernahkah kita bertanya dengan diri kita masing-masing “apa peran kita untuk kemajuan bangsa ini!?” yan terpenting adalah bagaimana cara kita untuk berusaha memperkecil ketinggalan kita selama ini.

  10. di negara kita banyak orang pintar con lipi. tapi sayang pemerintah kita tidak mendukung utk kemajuan bangsa kita, tetapi lebih konsen ke masalah yg tidak berguna dan menghambur2 kan uang hanya utk partai dan pilkada yg notabene hanya mengeragoti uang negara

  11. negara kita g pernah mau serius dalam hal teknologi. semua pemimpin cari popularitas semata, yang di tingkatkan korupsi doang.

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑