Program Studi Energi Terbarukan (Renewable Energy Education)

17 01 2009

Pertumbuhan lapangan kerja di bidang energi hijau (green energy) dalam satu dekade balakangan sungguh pesat dan diperkirakan makin makin tinggi di masa depan. Hingga 2030, diperkirakan sekitar 20 juta lapangan kerja baru di bidang energi terbarukan akan tersedia (UNEP, 2008). Silahkan baca tulisan yang lebih detail tentang topik ini di sini.

Pertumbuhan industri energi berkelanjutan (energi terbarukan dan efisiensi energi) disambut antusias oleh perguruan tinggi (PT) dunia. Kini, jumlah PT yang membuka program-program studi di bidang renewable energy bertambah.

Berikut adalah beberapa universitas yang saya ketahui memiliki program studi dan riset di bidang renewable energy. Terdapat juga link ke website program studi jika anda berminat menelusuri lebih jauh.

UIN Suska Riau
Studi energi di UIN Suska Riau berada pada Konsentrasi Energi di Jurusan Teknik Elektro. Konsentrasi Energi dibuka untuk melahirkan Sarjana Teknik (S1) yang mampu menganalisis dan merancang sistem energi baik konvensional, maupun energi terbarukan. Mahasiswa konsentrasi Energi dapat memilih salah satu atau mengkombinasikan empat peminatan, yaitu (1) sistem tenaga listrik; (2) energi terbarukan; (3) manajemen dan konservasi energi; dan (4) kebijakan energi.
Mahasiswa konsentrasi energi di UIN Suska Riau tidak semata-mata belajar aspek teknik dari energi, namun juga aspek sustainabilitas lain yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Harapannya adalah, bahwa insinyur enrgi lulusan UIN Suska Riau tidak akan ‘menambah’ masalah melalui bidang energi, tetapi menjadi bagian dari solusi masalah energi yang ada. Para dosen, alumni dalam dan luar negeri, melakukan riset-riset seputar energi, terutama melalui Pusat Studi Energi (EnReach). Sepanjang pengetahuan kami, konsentrasi energi di UIN Suska Riau yang mulai menerima mahasiswa tahun 2010 adalah yang pertama di Indonesia untuk tingkat S1.
Silahkan lihat kurikulumnya di sini.

Murdoch University, Western Australia

—- Energy Studies Program
—- Research Institute of Sustainable Energy

Solar Energy Reserach Institute, Universitas Kebangsaan Malayisa

Florida Solar Energy Centre, University of Central Florida

Energy Technology, School of Engineering Science, University of Southampton, UK.

Strategic Energy Institute, Georgia Institute of Technology, USA.

McMaster Institute for Energy Studies, McMaster University, Canada.

Institute of Energy Technology, Aalborg University, Denmark

Institut fur Solare Energieversorgungstechnik, Kassel University, Jerman.

National Library for Sustainable Energy, Technical University of Denmark

Centre of Renewable Energy System Technology, Loughborough University, UK.

Clean Energy Technology, The University of Texas-Austin, USA.

Renewable and Sustainable Energy Initiative, University of Colorado-Boulder, USA

Solar Energy, Australian National University

School of Photovoltaic and Renewable Energy, University of New South Wales, Australia

Renewable and Appropiate Energy Laboratory, University of California-Berkeley, USA.

The Centre for Energy Efficiency and Renewable Energy, University of Massachusetts, USA.

Centre for Energy, University of Newcastle, Australia

Power Engineering Research Laboratory, Mc Gill University, Canada

Solar Energy Laboratory, University of Wisconsin-Madison, USA

Institute for Energy System, Edinburgh University

Ada yang mau menambahkan daftar ini? Silahkan isi di from komentar di bawah.

Di bawah ini beberapa foto kagiatan perkuliahan dan fasilitas sistem energi terbarukan di universitas tempat saya belajar energi terbarukan, Murdoch University Western Australia.

196

Salah satu fasilitas riset off-grid power system di RISE – Murdoch Unversity (Foto: Anonymous)

1971

Fasilitas riset snergi surya, energi angin, dan beberapa aplikasi seperti solar pump di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

198Solar Taxi berkunjung ke Murdoch University (Foto: Anonymous)

199

Fasilitas praktikum pemanas air surya (solar water heater) di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

198

Fasilitas riset Hydrogen Fuel-Cell di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

199

Bus berbahan bakar Hydrogen Fuel-Cell. Salah satu hasil riset Murdoch University (Foto: Anonymous)

200

Mahasiswa Murdoch University di bawah bimbingan Dr. August Schlapfer memasak menggunakan kompor matahari (Foto: Anonymous)

201

Mahasiswa Murdoch University di bawah bimbingan Dr. August Schlapfer memasak menggunakan kompor matahari (Foto: Anonymous)

solar-cook05

Saya bersama teman-teman melakukan praktikum solar cooking (memasak dengan energi matahari) (Foto: kunaifi)

202

Di fasilitas RISE – Murdoch University ini mahasiswa mengamati karakteristik berbagai jenis solar cell. Di dalam bangunan berbentuk kotak di belakang PV array mahasiswa dapat membuat tiruan intensitas cahaya matahari yang mencapai Bumi (Foto: Anoymous)

191

Dengan fasilitas ini, RISE – Murdoch University melakukan pengujian peralatan energi terbarukan (misalnya inverter) sesuai standar internasional (Foto: RISE)

187

PV Array simulator di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

188

Panel-panel sistem energi terarukan di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

189

Battery storage array di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

190

Sebagian instrumen pengukur cuaca (intensitasradiasi matahari, kecepatan angin, arah angin, kelembaban, tekanan udara, dll) di RISE-Murdoch University (Foto: RISE)

194

Salah satu PV system di RISE-Murdoch University yang tersambung dengan jaringan listrik lokal (Foto: RISE)

203

Untuk mendukung riset energi terbarukan, Murdoch University memiliki stasiun meteorogi sendiri yang dapat diakses secara online di wwwmet.murdoch.edu.au


Actions

Information

54 responses

10 02 2009
Fahmi

wah,,kren..

coba ada kya gitu di Indonesia..

8 03 2009
Lingga

Salam kenal Pak. Mau menambahkan: TU Delft – TU Eindhoven – UTwente: M.Sc. Sustainable Energy Technology.

Saya sedang mencari beasiswa untuk bisa masuk ke salah satu dari program-program ini. Doakan saya ya Mas! Mudah-mudahan Indonesia tidak ketinggalan dalam hal renewable energy ini.

8 03 2009
Lingga

Salam kenal Pak. Mau menambahkan: TU Delft – TU Eindhoven – UTwente: M.Sc. Sustainable Energy Technology.

Saya sedang mencari beasiswa untuk bisa masuk ke salah satu dari program-program ini. Mudah-mudahan Indonesia tidak ketinggalan dalam hal renewable energy.

8 03 2009
Kunaifi

Terima kasih untuk update-nya Mas Lingga. Moga-moga segera berangkat ke Belanda.

24 03 2009
nahdya

mas, saya sangat tertarik dengan Program Energy Sustainable Technology. Boleh tau ga mas, lembaga pemeberi beasiswa untuk mas apa? dan bagaimana cara mendapatkannya. Karena saya sudah pelajari beberapa list uni yang mas tulis di atas, dan yang paling sesuai dengan tujuan saya, Uni Murdoch ini.

Saya Nahdya, S1 Arsitektur ITB, sekarang bekerja di Kementrian Lingkungan Hidup. Saya punya passion yang besar lingkungan hidup Indonesia.

trims mas, infonya…dan balasannya ditunggu

24 03 2009
Kunaifi

Hallo Nahdya. Senang mendapat teman yang tertarik dengan energi terbarukan. Saya sekolah di Aussie dengan beasiswa pemerintah Aussie (AusAid). DI bawah AusAid terdapat berbagai jenis beasiswa. Yang paling prestisius adalah ALA, tapi yang paling populer ialah ADS. Saat ini pendaftaran ALA sedang dibuka. ADS biasanya buka awal Juli. Karena Nahdya bekerja di departemen, peluang mendapat beasiswa AusAid lebih besar, asal mendapat izin atasan. Silahkan buka link berikut untuk info lebih lanjut:

AusAid: http://www.ausaid.gov.au/scholar/default.cfm
ADS Jakarta: http://www.adsjakarta.or.id

Selamat mencoba. Saya yakin Nahdya bakal dapat beasiswanya.

31 03 2009
Ikut pelatihan tapi nunggak «

[…] fasilitas lain di RISE (termasuk fasilitas indoor), silahkan lihat pada tulisan saya yang lain di  SINI. Namun masih cukup banyak fasilitas yang luput saya foto, antara lain fasilitas riset fuel cell di […]

2 04 2009
Andari

Saya pengajar di sebuah fakultas di bidang ekonomi universitas negeri. Saya interest dengan tema-tema lingkungan sehingga saya mengintensifkan riset di bidang etika bisnis terkait kebijakannya pada lingkungan.

Saya sedang berusaha menyusun proposal guna melanjutkan studi S3 di luar. Menurut Pak Kunaifi, universitas apa yang bisa saya tuju?

2 04 2009
Kunaifi

Mungkin sekolah ini cocok buat bu Andari? http://www.sustainability.murdoch.edu.au/
Mereka punya reputasi bagus.

8 04 2009
Nahdya

Halo mas kun, its me again! =D
mas, apa sih yang dimasud unconditional offer of admission ?
gimana caranya dapet unconditional offer of admission dari Murdoch/uni2 yang lain? ada template/content email/surat yang kita kirim untuk dapetin itu?

thank You mas, i hope u’re the answers of
my biggest dream =)
Nahdya

8 04 2009
Kunaifi

Unconditional offer itu akan diterima setelah mengirimkan formulir pendaftaran. Surat itu menyarakan bahwa pendaftar diterima sebagai mahasiswa di sana TANPA SYARAT.

Untuk mendaftar ke Murdoch University, silahkan buka halaman ini: http://www.murdoch.edu.au/International-students/Applying-to-Murdoch/
Pendaftaran bisa dilakukan online. Nanti akan diminta membuat account sendiri.

Website Murdoch Uni menyediakan informasi lengkap bagi calon mahasiswa. Jika ingin menanyakan lebih detail seilahkan kirim email ke International Applicant Office di : internat@murdoch.edu.au atau telepon ke Tel: +61 3 96274809

Link berikut mungkin berguna:
– Fasilitas studi dan riset renewable energy di Murdoch Uni: http://www.rise.org.au.
– Mata kuliah di MSc program Renewable Energy Murdoch Uni: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=M1155 (catatan: untuk mahasiswa International, panjang progam Master Renewable Energy adalah 2 tahun. Tahun pertama harus ikut PostGraduate Diploma Energy Sudies dulu, atau Postgraduate Diploma in Energy and the Environment).
– Mata kuliah PostGraduate Diploma Energy Studies: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=P1000
– Mata kuliah Postgraduate Diploma in Energy and the Environment: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=P1030

Jika ingin berkomunikasi dengan Program Chair (Ketua Program Studi) Energi Terbarukan, silahkan email Dr. Trevor Pryor di : T.Pryor@murdoch.edu.au. Bilang saja dapat info dari saya.

Selamat mencoba ya, moga sukses

12 05 2009
yudhi aswad

thanks mas, atas infonya…saya sangat-sangat tertarik dengan isu-isu berkembang seputar energi terbarukan, sayang sekali pemerintah kita hanya sesaat saja seriusnya waktu itu saya masih ingat pak SBY nanam pohon jarak, setelah itu mati suri program tuh, atau bahkan mati sama sekali.
btw, thanks banget infonya

28 06 2009
Yosef Christianto Rumbino

hallo mas
saya mahasiswa dari papua yang tertarik dengan bidang ini dan rencannya saya mau ambil renewable energy. saya memiliki permasalahan IBt score apakah saya harus menunggu sampe scorenya bagus dulu baru mendaftar mas? karena saya sudah mendapatkan beasiswa dari pemerintah papua. mohon batunnya

28 06 2009
Kunaifi

Halo Pak Yosef
Terima kasih atas emailnya. Jika pak Yosef ingin mendaftar ke universitas tempat saya belajar ada dia jalur (jika pak Yosef ambil S2). Pertama, lengkapi dulu segala persyarakat termasuk IELTS score lalu mendaftar. Jika skor IELTS belum cukup, masih bisa mendaftar, tapi harus ikut kelas bahasa Inggris dulu, biasanya selama sekitar 6 bulan. Biaya kelas b Inggris ini ditanggung calon mhs.

Demikian pak.

29 06 2009
Yosef C Rumbino

hal mas kunaifi
iya kemarin saya baru saja test IBt dan hasilnya tidak memuaskan… rencannya akan ambil lagi sapai mendapakan score yang benar2 mendekati. mas apakah kalo kita mau mendaftar gitu kita harus buat proposal buat penelitian dulu? kalo dulu mas bgm? dan kalo boleh tahu sebelum kesana proposal penelitian tentang apa ya?

salam,

Yosef C Rumbino

29 06 2009
Yosef C Rumbino

mas…
sory ada yang lupa
kira2 dulu waktu mas sampai dapat beasiswa dan ketrima di kampus ini, apa yang membuat mereka menerima mas? nilai IELTS or IPK waktu di kuliah?
trima kasih atas infonya

salam

Yosef C Rumbino

29 06 2009
sidopekso satwiko

Selamat Sore mas
Saya alumni murdoch thn 92 saya selesai dari fisika. dulu philip jenings serta john cornish sebagi pembimbing nya. bagai mana apakah riset tentang solar energy masih berlanjut sampai saat ini di Murdoch Uni ? please need to up date my solar cell.
thanks

30 06 2009
Anonymous

hal mas sidopekso satwiko

saya mau tanya ketika mas lulus dari murdoch university. begaminana peluang kerja di indonesia? jika boleh tahu mas sekarang kerja dimana? apakah di lembaga energy juga. dulu waktu mas masuk kampus ini mendapatkan beasiswa atau kah biaya sendiri? jika dapat beasiswa boleh tahu dari mana?
sory mas banyak tanya.. thx atas infonya

8 08 2009
neilcy

saya butuh info banyak tentang energy. tentang study juga riset2 yang berkembang. Juga minta ijin ngutip dari tulisan di blog pak kunaifi.
trimakasih.

8 08 2009
Kunaifi

Silahkan Neilcy. Saya senang jika ada yang tertarik dengan artikel-artikel saya..

10 08 2009
Dias Prihantoro

Aslm, Mas.. Sy senang baca Artikel anda, saya nemu pas search renewable energy, bisa dapat info lagi yg banyak ga ya Mas… misal lewat jurnal-jurnal atau free magazine, kalau ada info lg tolong dikabari ya Mas…
Trims…

26 02 2010
Perwira Aria

keren bang.
ada rancangan untuk bikin kompor tenaga surya ga?
ane mau bikin buat semacan oven mini untuk ngeringin gundam yang ane cat

9 10 2010
Emy

sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak tentang informasi diatas yang sungguh bermanfaat

perkenalkan saya emy, lulusan teknik fisika ITS bidang energi, saya baru wisuda seminggu yang lalu saya sedang mencari program beasiswa s2 bidang renewable energi…

Alhamdulllah saya ketemu blok ini.

kalu boleh tau syarat2 untuk program beasiswa ke murdoch uni apa aja?
prosedur pendaftaranya apa aja?

terimakasih banyak,

mohon dijawab

8 11 2010
Cut Aja Fauziah

Hi Mas Kunaifi,
Senang sekali saya mendapatkan teman yang mempunyai minat di bidang yg sama.
Perkenalkan, saya Ajaa, dari Aceh, Lulusan MIPA-Kimia.
Saya sangat tertarik dengan bidang renewable energy. Saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan s2 di bidang renewable energy, dengan bantuan beasiswa Pemda Aceh untuk study ke Amerika.
Tapi saya belum memutuskan universitas yang akan saya tuju.
Apakah mas Kunaifi mempunyai informasi mengenai Universitas di Amerika yang mempunyai reputasi bagus untuk bidang Renewable Energy? Kalo berkenan mohon share informasi tersebut ke saya.
Thank you mas..

21 11 2010
Ikut pelatihan tapi nunggak « Renewable Energy and Environment Blog

[…] fasilitas lain di RISE (misalnya fasilitas indoor), silahkan lihat pada tulisan saya yang lain di  SINI. Namun masih cukup banyak fasilitas yang luput saya foto, antara lain fasilitas riset fuel cell di […]

22 01 2012
Ginanjar P.A

mas saya ginanjar. saya baru lulus dari fakultas teknologi industry pertanian UNPAD. kebetulan skripsi saya tentang Pembangkit listrik tenaga mikrohidro di IBEKA (Ibu Tri Mumpuni) saya sangat tertarik dengan energi terbarukan dan ingin melanjutkan S2 dijurusan ini. saya mau bertanya langkah2 apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa ke luarnegeri? dan kalau mau universitas diinggris saran mas universitas mana yang berkompeten dan mudah mendapatkan beasiswanya? terimakasih.

16 02 2012
bouncae

siip banget ohm..saya tertarik dengan sumber energi yang terbaharukan seperti energi matahari, energi angin, energi air dan lain sebagainya…

12 04 2012
Fredina

Postingannya menarik mas kunaifi. Kebetulan saat ini saya berencana ingin ambil S2 dan bidang energi / material untuk energi adalah bidang yang ingin saya pilih. Saya bekerja di lembaga penelitian dan konsentrasi kami saat ini yaitu fuel cell. Apakah mas kunaifi bisa memberikan info tentang profesor yg concern ke bidang tersebut dan dapat dikontak? Sebelumnya terima kasih utk infonya.

26 10 2012
Ridho

nambahin UGM mas prodi Teknik Fisika ,peminatannya ada energi terbarukan😀

23 02 2013
Dito

nambahin, program s2 di magister teknologi untuk pengembangan berkelanjutan (MTPB) ugm dan Magister Teknik Sistem (MTS) UGM, juga bahas energi terbarukan……

25 05 2013
zulfitri.za

mantap buat tambah wawasan, ngomong -ngomong di pekanbaru juga banyak fasilitas yang memakai plts pada jalan lintas sumatra barat pekanbaru, menurut saya jembatan sungai siak 2 juga harusnya pakai ini dari pada gelap karena pemda belum bayar tunggakan pln.nya sebagai informasi saat ini pembangkit listrik tenaga gas alam / natural gas juga cukup menghemat konsumsi bahan bakar, sperti yang terbaru adalah PLTG Duri, dimana perusahaan tempat saya menyalurkan Gas alam ke pembangkit tersbut.

14 06 2013
ranto

halo pak kunaifi,, saya sdg jalani skripsi ttg energi terbarukan dgn software homer dan Vipor,, tp sya sgt kesulitan sekali mencari daftar pustaka untuk software ViPOR,, mohon petunjuk pak,,via email sya,, ken_wijaya1986@yahoo.com

1 10 2014
ariska

adakah prgram s2 renewable energi, karna saya menempuh prgram studi s1 di politeknik negeri jember jurusan energi terbarukan

18 02 2015
kunaifi

Yth. Ariska.
Coba cek Surya University atau Universitas Darmah Persada.

Salam

Kunaifi

12 06 2015
indra waliyuda

ada yang lebih update gak ya mas??🙂

17 06 2015
kunaifi

Indra Waliyuda.
Maaf belum sempat update.

2 07 2015
Wahyu Saputra

Mas Kunaifi
Dari jurusan teknik energi terbarukan S1 atau D4 misalnya mau melanjutkan S2 di Murdoch University apa bisa??
Kalo bisa tolong bagaimana dan apa saja persaratannya?
Tetapi kalo tidak bisa harus mengambil jurusan apa dulu S1 nya sebelum melanjutkan ke Murdoch University?
Terima kasih

26 07 2015
kunaifi

Wahyu. Saya rasa bisa. Tapi info pastinya dan persyaratannya sebaiknya lihat langsung di websitenya atau kontak langsung mereka.

8 07 2015
Wajtahida Pedrosista

kalau s1 nya jurusan kimia bisa tidak lanjut s2 jurusan energi terbarukan?

8 07 2015
kunaifi

Wajtahida.
Sangat bisa. Akan lebih baik diarahkan ke biofuel (bioethanol atau biodiesel).

Salam

16 09 2015
Restu Prasetiyo

Mas, S1 teknik industri bisa gak lanjut master ke sustainable energy?

4 12 2015
kunaifi

Restu. Bisa banget

6 01 2016
azam

mas mohon maaf mau tanya apakah bisa? dan apakah ada program lanjutan dari d3 teknik elektro ke s1 jurusan energi baru terbarukan ? soalnya sekarang saya masih menempuh diploma 3 mohon dengan hormat minta informasi lebih lanjut, terimakasih

6 01 2016
kunaifi

Silahkan cek di ee.uin-suska.ac.id. kalau di tempat lain saya belum tahu

3 02 2016
muhammad fadliannur

mau tanya dan sharing terkait jurusan energi terbarukan. Alhamdulillah saya pernah mendapatkan dana bantuan dr Pertamina terkait pengembangan energi alternatif terbarukan yg ramah lingkungan, berkat bantuan tersebut saya mendapatkan juara di tingkat Nasional tahun 2014, dan saya ada niat mau studi lanjut mengenai energi alternatif terbarukan tetapi saya memiliki kekurangan dr skill penguasaan english, dan saya ada berniat mengikuti beasiswa BPI dr LPDP, untuk mengikuti hal itu apakah ada link ke prof. di univ tsbt untuk meminta LOA, atau apakah ada solusi lain tuk masalah saya? trima kasih, apakah ada kontak yg bisa saya hub sekedar bertanya lanjut dan sharing?

3 02 2016
kunaifi

Yth. Pak Muhammad Fadlianur.
Email saya: kunaifi@gmail.com
Salam
Kunaifi

3 02 2016
Kuliah Energi Terbarukan |

[…] klik di SINI untuk melihat program studi energi […]

31 07 2016
awirandanin

Saya dari d3 konv energi, saya ingin melanjutkan pendidikan tapi saya ttap ingin di bid. Energi. Sedangkan utk lanjut ke s1 setahu saya harus ambil s1 mesin atau elektro. Apakah Ada univ yg menawarkan s2 utk mahasiswa avokasi, shg saya tdk perlu lnjut s1 atau d4? Atau menurut mas bagaimana? Saya ckup bingung harus lanjut kemana setelah wisuda, saya juga punya keinginan melanjutkan pendidikan ke luar negeri kalau ada kesempatan. Terimakasih banyak atas perhatiannya. Saya akan sangat menghargai jawaban and a.

29 09 2016
Tamjos Gustomi Silaen

Lanjut ambil S1 Teknik Energi Di Institut Teknologi Yogyakarta aja, ada Kelas Alih jalur kox dri D3-S1, Di ITY satu” nya Perguruan Tinggi yang membuka Jurusan S1 Teknik Energi

4 10 2016
Anonymous

swasta ? apa tidak mahal mas ? kira-kira mas tahu tidak universitas luar yang punya s1 t. energi. Selain institut yogyakarta saya juga ingin menjajal kemampuan untuk universitas luar. mohon tanggapannya

29 09 2016
Tamjos Gustomi Silaen

Salam Kenal Mas, Kebetulan Saya mahasiswa S1 Teknik Energi , Mas Di Murdhoch University itu Jurusan Energy nya Fokus Ke Energi bidang apa ya Mas ? dan Beasiswa DiMurdoch University itu yang biasanya diambil oleh mahasiswa indonesia beasiswa apa ? trims

29 09 2016
kunaifi

Salam kenal, Tamjos.
Saya tidak tahu kondisi sekarang. Silahkan dilihay di websitenya. Kalau dulu, ada 3 fokus dari S2 energi yaitu:
– energi terbarukan,
– managemen dan efisiensi energi,
– kebijakan energi.

Beasiswa ada banyak, misal Lpdp dan AAS.

10 10 2016
Tamjos Gustomi Silaen

Ok thanks Mas, klo bleh tau Mas dlu nya Dari beasiswa apa ?

10 10 2016
kunaifi

Saya di Murdoch dengan beasiswa AAS (dulu namanya ADS dan APS). Untuk S3 saya dengan beasiswa LPDP.

– kun –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: